Vaksin Dosis Kedua Lansia Setelah 28 Hari

Produsen vaksin COVID-19 China lainnya, CanSino Biologics, yang menggunakan vaksin Ad5-nCOV, mengumumkan telah memenuhi kriteria keamanan dan kemanjuran primer yang ditentukan sebelumnya pada analisis sementara. Uji coba Fase II dan Fase III Ad5-nCoV telah melibatkan peserta lansia, tanpa ada laporan reaksi merugikan yang serius, kata Global Times pada hari Senin dari sumber yang dekat dengan CanSino. “NU sudah siap membantu sosialisasi vaksin, termasuk kami juga bisa mendampingi, dengan usulan kami bisa ada at some point care services. Dengan tujuan agar lansia yang divaksinasi bisa selesai dalam satu hari,” ujar dr. Makky Zamzami. “Kami imbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi sesat atau hoaks tentang vaksin, dan mari kita bersama-sama memperkuat imun, salah satunya dengan vaksin Covid-19,” kata Rio .

Untuk mencegah kejadian terulang, RSUD Kembangan pun menurunkan sejumlah personil untuk membantu mereka yang kesulitan mendaftar secara online. “Calon penerima vaksin yang datang langsung, tetap harus mendaftar on-line, petugas kami akan membantunya. Menurutnya, batasan pemberian vaksinasi pada lansia mulai dari usia 60 tahun hingga usia 89 tahun. Ditahap awal, pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia dipusatkan di ibukota provinsi, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Apakah di salatiga sudah melayani vaksin untuk lansia, karena berdasarkan link yang tertera hanya untuk vaksinasi di kota semarang.

Vaksin bagi lansia

Jika lansia sudah mengantongi minimal tiga syarat di atas, maka vaksin boleh diberikan. Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan, para santri bisa membawa KTP atau kartu keluarga serta kartu santri ke puskesmas terdekat. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengonsolidasikan 45 Puskesmas di wilayahnya untuk untuk mempercepat proses Vaksinasi Covid-19, utamanya bagi kelompok lanjut usia .

“Hari ini Kodim 0305/Pasaman melaksanakan kegiatan vaksin Astrazeneca untuk para purnawirawan, istri purnawirawan dan Warakawuri dan masyarakat Lansia di wilayah Kodim 0305/Pasaman yang berumur 60 tahun ke atas. Adapun goal kami, masyarakat yang menerima vaksin Astrazeneca ini sekitar 400 orang,” kata Dandim 0305/Pasaman, Letkol Inf Ahmad Aziz. Sementara itu, Ahmad Bait, seventy two tahun, sangat antusias mengikuti vaksinasi lansia.

Di lokasi observasi, penyelenggara dibantu Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiagakan 2 mini ICU, Ambulance berkelling, serta motor Unit Reaksi Cepat keliling guna mengantisipasi apabila ada keluhan dari para peserta vaksinasi. Selama observasi, kaca mobil harus diturunkan guna memudahkan petugas melakukan pemantauan dan jika ada keluhan, sasaran diminta untuk membunyikan klakson sebagai tanda bagi para petugas. Yaitu sebanyak 2 dosis suntikan dan untuk dosis vaksin kedua ini diberikan dalam selang waktu 28 hari sejak dosis pertama disuntikkan. “Saya sedikit memberikan testimoni yang saya alami sendiri, setelah disuntik vaksin saya merasa lebih sehat. Selanjutnya pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Misalnya, menggandeng organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri, atau Veteran Republik Indonesia atau organisasi keagamaan/kemasyarakatan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di RSUD Pademangan, Jalan Budi Mulia, Pademangan Barat, Jakut, sempat mengalami kendala di hari pertama. COVID-19 dapat menyerang segala usia, terutama warga lanjut usia , dikarenakan sistem imun mereka yang semakin menurun seiring pertambahan usia. Sementara untuk pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan.

Bupati juga telah memerintahkan semua Puskesmas untuk aktif jemput bola di rumah-rumah warga lansia. Setelah mendaftar, kata Avy, undangan vaksinasi akan dikirim melalui WhatsApp ke nomor telepon seluler yang didaftarkan. Selanjutnya, lansia yang sudah terdaftar bisa datang ke lokasi vaksinasi yang sudah ditentukan, dan sesuai jadwal yang sudah dikirimkan. Vaksin membentuk antibodi sekaligus merupakan suatu zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh pada suatu penyakit. Zat atau senyawa ini merupakan suatu penyakit yang sudah dilemahkan atau dimatikan, dengan harapan virus yang sudah dimatikan itu akan membentuk kekebalan dalam tubuh.