Menu Close

Usaha Merangkai Bunga

Untuk harga, ia menjual Rp 5 ribu – Rp 17 ribu per tangkai dengan whole harga mulai Rp 25 ribu – Rp seven-hundred ribu. Alasan mengapa sistem penjualannya per tangkai, Nana mengatakan proses pembuatan bunga flanel yang sangat mirip dengan bunga asli ini sangat rumit. Bouquet yang ditawarkan Nana mempunyai beragam model, ukuran, dan warna.

Ia merangkai aneka bunga kering menjadi lebih cantik, dan memiliki nilai jual yang tinggi dalam bentuk frame bunga agar lebih awet. Jika enggan membayar karyawan untuk mengirimkan rangkaian bunga ke alamat pemesan, bekerja samalah dengan perusahaan jasa pengiriman. Namun, jika pesanan banyak, mau tidak mau harus mempunyai pegawai yang mengantarkan pesanan tersebut.

Bukan itu saja, hampir semua warga Bandung sangat cinta dengan bunga. Apapun jenis acara yang diselenggarakan selalu membutuhkan bunga. Bahkan rumah makan dan cafe kecil juga selalu memerlukan bunga untuk mempercantik tampilan ruang atau interiornya. Di sekitar Bandung banyak sekali ditemukan perkebunan bunga yang baik yang dikelola oleh masyarakat setempat atau perusahaan bermodal besar. Jadi dapat dikatakan bukan merupakan hal yang sulit mencari berbagai jenis bunga lalu dijual kembali dalam bentuk buket, karangan bunga, bunga papan dan sebagainya.

Usaha merangkai bunga

Setelah 5 tahun bekerja, Irma memutuskan resign dengan alasan ingin lebih dekat dengan keluarga. Namun ternyata Irma merasakan kebosanan yang sangat kala menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya dan tidak lagi produktif. Tak hanya menerima orderan di kota Jakarta saja, Yasin juga menerima permintaan merangkai bunga hingga Bandung, Bali, Makassar, dan kota besar lainnya. Harga tersebut disesuaikan dengan dekorasi yang diinginkan konsumen. “Jadi harga nya tidak tentu, tergantung dekorasinyanya seperti apa, untuk world atau perorangan,” jelasnya. Saban akhir pekan, ia mengaku pasti ada saja permintaan untuk merangkai bunga untuk sebuah acara.

Dia bilang boleh, tapi syaratnya saya harus ambil bunga dari dia,” kenang Haryono. Meski merangkai bunga terkesan mudah, ternyata diperlukan teknik khusus agar bunga menjadi indah. Untuk itu, cewek yang berkuliah di Universitas Mulawarman Samarinda ini mulai mencari informasi dan pengetahuan seputar bunga di web dan buku-buku.