Suggestions Mengembangkan Potensi Diri Di Lingkungan Kerja

Anda juga bisa mengenali faktor-faktor yang memicu berbagai perasaan yang Anda rasakan. Kecerdasan intelektual kerapkali menjadi tolok ukur tingkat kecerdasan seseorang. Memiliki nilai IQ yang tinggi tidak menjamin kesuksesan seseorangan. Kecerdasan intelektual perlu diimbangi dengan kecerdasan emosional . Untuk ragam ide-ide kreatif bermain yang bisa mengasah kecerdasan majemuk Si Kecil, Bunda bisa melihatnya di situs Morinaga Multiple Intelligence Play Plan. Selain itu, Bunda juga dapat memakai fasilitas identifikasi kecerdasan majemuk untuk mengetahui kecerdasan lain yang dimiliki Si Kecil.

Pengembangan diri secara umum dan menurut para ahli adalah ilmu yang berkaitan dengan penggalian potensi diri dan upaya untuk mengeksplorasi potensi ini secara maksimal. Pengembangan diri adalah faktor penting untuk mencapai kehidupan yang lebih baik guna mendapatkan kesuksesan dalam hidup. Siapa sih yang gak ingin mempunyai kehidupan lebih baik dan bisa mencapai kesuksesan, semua orang pasti menginginkannya.

Baik saat Anda mengalami kejadian tak mengenakkan, mendapat kabar baik, bahkan ketika Anda sedang bosan dan tidak bersemangat. Mengenal perasaan Anda sendiri bisa membantu Anda memprediksi tindakan apa yang akan Anda lakukan ketika menghadapi situasi tertentu. Anda pun jadi bisa mengendalikan diri dan mencegah perbuatan-perbuatan yang akan Anda sesali di kemudian hari.

Apabila Anda memiliki masa lalu yang tidak begitu bagus, maka lupakanlah atau buat agar Anda tidak selalu teringat padanya. Apabila terdapat pengalaman buruk di masa lalu, berfikirlah positif dan anggap hal tersebut sebagai pembelajaran, lalu lupakan dan siap memulai menghadapi banyak hal baru yang lebih menantang lagi. semakin Anda tidak bisa meninggalkan masa lalu, maka masa depan juga akan terus terganggu dan tidak bisa maksimal dalam melakukan apapun. Cara lain untuk menguatkan psychological adalah dengan ebrani mengambil resiko.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Lakukan yang terbaik dan belajar lah dari pengalaman memimpin tersebut. Beradaptasi.New rules, new place, new enivironment, new challenges. Ada orang yang cepat bête dan capek dengan perubahan dan lebih senang berada di zona nyaman.

Wawasan, pergaulan dan keberanian yang terbataslah yang menghambat kita untuk melakukannya. Dengan mencoba banyak hal, mungkin kita akan menemukan potensi diri yang selama ini tersembunyi. Anda akan melakukannya secara sukarela tanpa dibayar, bahkan anda mau mengeluarkan uang untuk apa yang anda lakukan. Seseorang yang punya hobi tertentu akan melakukannya dengan sepenuh hati. Misalnya orang yang hobi memelihara tanaman, dia rajin menyiram dan merawat tanaman setiap hari.

Namun, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk membuka potensi dalam diri Anda yang mungkin belum anda kenali sebelumnya. Jika Anda merasa bahwa Anda adalah orang yang tidak berbakat, mungkin Anda tidak memperhatikan hal-hal kecil yang berhasil Anda lakukan. Perhatikan dengan baik kesuksesan yang sudah Anda capai, baik yang besar maupun yang kecil.

Sebaliknya, jika ia mendapat pengalaman buruk, seperti menyanyi di depan banyak orang, tapi ia lalu lupa liriknya, mungkin saja Si Kecil akan merasa minder dan jadi anak yang pesimis. Meskipun begitu, sebagai orang tua, Moms bisa membantu Si Kecil mengatasi pengalaman buruknya itu. Cara terbaik untuk melatih kecerdasan emosional adalah dengan terus mempraktekkan langkah-langkah di atas. Proses melatih kecerdasan emosional bisa berlangsung sepanjang hidup Anda. Namun, semakin Anda giat berusaha, hasilnya pun akan semakin baik dan terasa dalam kehidupan sehari-hari tanpa harus menunggu bertahun-tahun lamanya. Anda juga tak perlu susah-susah mengikuti terapi atau seminar pengembangan diri yang harganya tidak murah.

Terkadang akan banyak hambatan yang ada didepan, sehingga diperlukan keteguhan hati untuk terus maju. Bukan mustahil malah tidak ada satu pun potensi diri yang bisa berkembang secara maksimal. Fokus dalam kemampuan atau keahlian utama Anda memang sebuah keharusan. Tidak akan ada hambatan yang mampu menghentikan upaya Anda dalam menggapai hidup yang lebih bermakna.