Semua Biaya Pengobatan Karena Efek Samping Vaksin Corona Ditanggung Negara

Keunggulan vaksin Moderna adalah hanya perlu pendinginan minus 30° C dan tahan seminggu dalam lemari pendingin biasa. Perusahaan Bio-farmasi BioNTech dari Jerman yang digandeng Pfizer dari AS menjadi yang pertama umumkan sukses memproduksi vaksin anti-Covid-19 yang diberi nama BNT162b2 dengan efektifitas 95%. Satu-satunya kendala, vaksin harus didinginkan hingga minus 70°C sebelum dipakai. Informasi lebih lanjut bisa Anda baca dalam penjelasan perlindungan information kami. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jika ada masyarakat yang mengalami KIPI harus dilaporkan segera.

Efek dari vaksin covid

Namun jangan khawatir, ini langkah-langkah yang harus dilakukan jika timbul efek samping pasca suntik vaksin Covid-19. Tidak seperti efek samping vaksin lain yang biasanya hanya bertahan satu atau dua hari, pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk hilang. Tidak direkomendasikan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit sebelum menerima vaksin dosis kedua.

Meski begitu, regulator obat Eropa telah mengeluarkan kesimpulan pembekuan darah yang tidak biasa dengan trombosit darah yang rendah. Kasus ini dimasukkan ke dalam efek samping yang sangat langka dari vaksin COVID-19 AstraZeneca, yang saat ini bernama Vaxzevria. “Timbulnya efek samping vaksin COVID-19 menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh telah bekerja dan bereaksi. Jadi, lelah dan mengantuk juga bisa merupakan respons tubuh terhadap vaksin tersebut,” kata dr. Arina. Sekitar 4 persen dari mereka yang berhasil melawan virus corona Covid-19 melaporkan efek samping ini setelah vaksinasi, dibandingkan dengan kurang dari 1 persen orang yang sebelumnya belum pernah terinfeksi. Orang yang berusia di atas fifty five tahun memiliki banyak efek samping vaksin Covid-19 yang sama, tetapi jumlahnya lebih rendah.

Efek samping ini tidak berbahaya dan akan hilang dalam waktu kurang lebih 7 hari. Namun pada beberapa orang, efek samping ini lebih berat dan mungkin memengaruhi aktivitas sehari-hari. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. “Jadi vaksinasi ini tidak mempengaruhi kesehatan seseorang walau pun orang itu dalam kondisi berpuasa,” ungkapnya. Vaksin Sinovac yang didatangkan pemerintah pada awal Desember 2020 berbasis inactivated virus atau virus yang telah dimatikan, sehingga aman untuk digunakan. Berarti, tubuh Bunda saat ini tengah membangun imun atau kekebalan dari virus Corona.

Ingat, vaksin virus corona memiliki efek yang bersifat ringan tapi jangan cemas. Namun, kekhawatiran menerima efek samping dari imunisasi dan munculnya beragam brand dari vaksin Covid-19 membuat masyarakat ragu menerima vaksin. Apalagi, belakangan ini masyarakat dibuat resah setelah beredar kabar tentang orang yang meninggal setelah mendapat vaksin AstraZeneca. Yang menarik dari kasus pembekuan darah yang terjadi pada penggunaan vaksin ini di Eropa, sebagian besar terjadi pada usia muda , bahkan di bawah 30 tahunan, dan kebanyakan adalah wanita.