Ramai Media Asing Beritakan 350 Nakes Indonesi Terpapar Covid

Pekanbaru – Malam makin larut namun seorang tenaga kesehatan masih terjaga. Insomnianya makin akut, membuat perempuan itu terpaksa mengonsumsi obat tidur untuk sekadar terlelap. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi dukungan dari rakyat dan Pemerintah Amerika Serikat yang mau membantu program vaksinasi Indonesia dengan mengirimkan vaksin Moderna. Tenaga kesehatan kita saat ini dilanda tekanan fisik dan mental yang berat akibat membludaknya jumlah pasien Covid-19.

Mengetahui kabar itu Gie panik dan segera mengungsikan anaknya yang sehat dari rumah orangtuanya, karena hasil uji swab ayahnya belum keluar. Sempat ia mengontak mantan suaminya untuk membantu menjemput anak mereka, tapi sang mantan ketakutan. Ketika akhir Agustus itu Gie merasa ada firasat tak bagus melihat adik perempuannya datang ke rumah orangtua sambil bersin-bersin. Adiknya itu juga bekerja di RSUD Arifin Achmad, namun tidak menangani pasien COVID-19. Perjumpaan dengan anaknya lebih sering melalui panggilan video dengan gawai, sedangkan tatap muka acap kali hanya dari luar pagar rumah orangtuanya. “Dan hanya melihat dari luar pagar, itu pun kalau bawa makanan disemprot disinfektan dulu plastiknya baru diserahkan ke anak-anak dengan digantung di pagar.

Perawatan yang tersedia saat ini bertujuan untuk meringankan gejala. Anda harus tetap terisolasi dari orang lain sampai Anda benar-benar pulih. Jika Anda memiliki pertanyaan medis, konsultasikan dengan praktisi kesehatan. Sedangkan seseorang dengan Kasus Konfirmasi yang dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 yang dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium RT-PCR. Kasus Konfirmasi dibagi menjadi dua, yakni kasus konfirmasi dengan gejala , dan kasus konfirmasi tanpa gejala . Kasus Konfirmasi tanpa gejala yang tidak dilakukan pemeriksaan follow up RT-PCR dengan ditambah 10 hari isolasi mandiri sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi.

Nakes banyak yang terkena covid

Karena pedagang tersebut berhubungan dengan pedagang lain di luar kota yang memang terjangkit virus corona. Tenaga kesehatan tersebut merupakan tenaga kesehatan yang tertular karena menangani pasien Covid-19 di fasilitas pelayanan kesehatan atau institusi kesehatan yang memberikan pelayanan Covid- 19. Sementara itu insentif untuk tenaga kesehatan di KKP, BTKL-PP, dan BBTKL-PP, dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, Puskesmas dan laboratorium yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan setinggi-setingginya sebesar Rp. Orang yang pernah mengalami reaksi alergi berat setelah menerima vaksin, atau memiliki obat yang dikonsumsi secara rutin, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengikuti program vaksinasi.

Banyak juga nakes di puskesmas yang diperbantukan ke rumah sakit karena kekurangan personel. Kudus, yang memiliki sekitar 5.000 petugas kesehatan, sedang berjuang melawan merebaknya wabah COVID-19, yang diyakini akibat varian Delta dari India- yang lebih menular. Peningkatan wabah kali ini mengakibatkan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit melonjak hingga di atas 90 persen.

Yang paling penting, harus ada langkah konsisten untuk melindungi hak-hak pekerja dari tenaga kesehatan. Ini termasuk memberikan mereka akses ke informasi yang penting, sehingga penularan bisa dicegah. Bagaimanapun keselamatan mereka sangat penting untuk keselamatan masyarakat dalam skala besar,” kata Usman. “Dokter saja belum bisa memberikan investigasi menyeluruh terkait dengan kematian tenaga kesehatan tersebut.

Jika Anda tidak bercerita jujur misalnya dengan mengatakan tidak ada keluhan batuk atau telah lakukan perjalanan ke luar negeri, petugas medis tak akan memperlakukan Anda sebagai ODP maupun PDP . Bahkan, lanjut dia, di RSUD Kota Bogor yang menyediakan one hundred twenty tempat tidur untuk pasien COVID-19 sudah terisi 100 persen. “Situasinya saat ini, sudah nyaris melampaui batas kita semua untuk menanganinya,” katanya. “Mereka tak perlu bersentuhan dengan orang lain di kendaraan umum, bisa menginap di tempat aman dan nyaman, makannya terjamin, jadi mereka tetap kuat melayani para pasien,” tuturnya.

Maka, orang yang sedang sakit diwajibkan memakai masker guna meminimalisir penyebaran droplet. Kohar tidak memerinci secara jelas penyebab banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. Dia serasa Tembak Ikan Terpercaya ingin menangis tapi air mata seakan kering, dan tidak bisa tidur. Perasaannya juga semakin pedih karena melihat anak lelakinya berulang tahun yang ketujuh saat masih di ruang isolasi rumah sakit.