Menu Close

Ragu Kuliah Di Luar Negeri? Ini Keuntungan

Ya, betapa sering kita melihat orang ingin memangku sebuah jabatan bergengsi tanpa mengecek apa dan seberapa besar wewenang dan tanggung jawab yang harus diemban dan dipertanggungjawabkannya. Apakah karier akan berarti bila hanya berupa jabatan kosong, namun tidak diimbangi dengan kinerja dan nilai tambah yang terasa, terukur, dan terlihat? Individu yang ingin berkembang perlu memikirkan dan menunjukkan apa yang bisa ditambahkan agar bobot pekerjaannya meningkat. Sikap seperti ini tentu menguntungkan tidak hanya bagi individu, tapi juga bagi atasan dan organisasi. Individu dengan ambisinya ingin berkembang, sementara perusahaan menginginkan penyelesaian tugas. Di banyak organisasi, kesempatan untuk maju terbuka luas bagi mereka yang berpotensi serta cakap atau kompeten.

Adapun untuk mata kuliah lebih lengkapnya, dapat dilihat pada kurikulum kampus masing-masing sesuai pilihan Anda nanti. Berhenti kuliah memang bisa membuka pintu-pintu yang Anda pikir tidak mungkin sebelumnya. Namun, hal ini tidak selalu menjamin kesuksesan bagi semua orang. Anda masih harus bekerja keras dan memiliki banyak akal untuk bisa mendapatkan apa yang Anda mau di dalam kehidupan Anda.

Saya merupakan anak tunggal yang lahir di Solo namun dibesarkan di Surabaya. Ngomong-ngomong tinggal di luar kota, kami juga pernah lho tinggal di Jayapura sebelum akhirnya menetap selama 16 tahun di Surabaya. Untuk menghabiskan masa tua, orang tua saya kini bermukim di Solo. Ia pun mampu membagi waktu dan melaksanakan kewajibannya walaupun ditengah perjalanan kuliahnya sempat terhenti karena keterbatasan biaya.

Ia punya perjuangan yang terbilang getir sebelum sukses seperti sekarang, salah satunya ia rela meninggalkan kuliahnya hanya demi menekuni karirnya di dunia hiburan. Banyak orang sukses di luar sana yang hanya lulusan SMA atau sederajat, karena dari bekerja itulah pengalaman kita menjadi banyak untuk dapat kita pelajari. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari pegawai-pegawainya dari lulusan universitas-universitas atau institusi lainnya. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan atau institusi pemerintah yang lebih memilih merekrut Fresh Graduate atau lulusan-lulusan muda, jadi kesempatan untuk bekerja lebih banyak.

Meniti karir dari kuliah

Pintek Regular menawarkan pinjaman mulai Rp 200 ribu hingga Rp 300 juta yang dapat dicicil hingga 24 bulan dengan bunga flat dari zero persen hingga maksimal 2 persen. Seat kuliah, kamu akan mempelajari proses penambangan mulai dari minyak, gas bumi, batu bara dan lainnya. Bahkan, kamu juga akan mempelajari eksploitasi bahan tambang hingga pemasarannya. Akan tetapi, untuk bisa menjadi seorang dokter spesialis kamu harus mengeluarkan biaya kuliah yang sangat tinggi dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan gelar sebagai dokter spesialis. Berdasarkan survei gaji yang dilakukan oleh National Association of Colleges and Employers di tahun 2018, rata-rata gaji seorang programmer di Amerika bisa mencapai Rp 919 juta per tahun. Sedangkan di Indonesia, bisa mendapatkan gaji di atas Rp 10 juta per bulan.

Setiap universitas memiliki biaya yang berbeda-beda untuk program pasca sarjana ini. Baik negeri atau kampus swasta pikirkan baik-baik sebelum menentukan pilihan. Kamu wajib mengetahui berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan selama kurang lebih dua tahun menempuh studi disana. Berikut gambaran umum daftar rincian biaya untuk melanjutkan kuliah S2. Sebelum memutuskan untuk lanjut kuliah, ada baiknya kamu diskusikan dengan atasan di kantor.

Mereka yang mengalami masalah finansial dan tidak memiliki akses internet kini semakin kesulitan untuk bisa mendapatkan pendidikan yang setara dan berkualitas. Untuk mereka yang haus akan ilmu, setelah lulus sarjana, pasti ingin melanjutkan studi ke tingkat S2. Mengambil gelar magister ini juga bisa dibilang salah satu tuntutan karier saat ini. Tetapi tidak sedikit juga, lho, yang enggan sekolah lagi ke tingkat S2. Padahal untuk melanjutkan sekolah S2, banyak sekali caranya, seperti student loan, mengajukan beasiswa ke pemerintah, lembaga pendidikan, maupun perusahaan swasta yang memiliki program khusus beasiswa.