Pentingnya Vaksinasi, Dan Vaksin Covid

Satu langkah awal yang diyakini mampu mengakhiri perjalanan panjang pandemi Covid-19. CDC juga menyarankan Anda tetap menjaga tubuh terhidrasi dan berpakaian ringan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam. CDC mengatakan efek samping umum dari vaksin Covid-19, termasuk rasa sakit dan bengkak di tempat suntikan. Selain itu, seseorang mungkin mengalami demam, menggigil, kelelahan, dan sakit kepala setelah vaksin. Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan perdana program Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong yang dipusatkan di pabrik PT Unilever Indonesia, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa, 18 Mei 2021. Program vaksinasi ini terwujud berkat kerja sama erat pemerintah dengan sektor swasta melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Terkait hal tersebut, pembahasan bergulir mengenai bagaimana negara-negara terutama negara berkembang bisa mendapatkan akses vaksin. “Semua negara melakukan kebijakan bersama-sama untuk menangani COVID-19 dan mengembalikan perekonomian agar pulih kembali. Dukungan kebijakan perekonomian dan keuangan terutama di bidang fiskal, moneter, dan regulasi di bidang sektor keuangan perlu terus dilakukan,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kasus-kasus di atas memang meng-highlight perubahan positif karena vaksin virus corona yang dirasakan para penyintas. Sayangnya, kehadiran vaksin dalam upaya memberantas penyakit yang ditimbulkan oleh virus SARS-CoV-2 itu, tidak sepenuhnya disambut dengan baik oleh sebagian kelompok masyarakat. Anda harus mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat terlebih dahulu seperti klinik/rumah sakit umum sebelum akhirnya dapat dirujuk ke rumah sakit khusus di bawah ini.

Survei tersebut menunjukkan bahwa optimisme serta tekad kuat dari publik untuk bangkit melawan Covid-19 masih sangat besar. Vaksin Pfizer memerlukan dua dosis yang diberikan dengan jarak beberapa minggu, mirip dengan kandidat vaksin Moderna. CDC mengatakan untuk mendapatkan kedua dosis, bahkan jika efek samping muncul setelah suntikan awal, kecuali jika dokter menyarankan sebaliknya. Amerika Serikat memegang persetujuan darurat pertama untuk vaksin virus corona Covid-19, setelah Food and Drug Administration menguatkan semua panel penasihat untuk mendukung vaksin virus Pfizer/BioNTech. Suara.com – Semua jenis vaksin pasti memiliki efek samping, tak terkecuali vaksin Covid-19. Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit pun membuat panduan baru untuk mengelola efek samping vaksin Covid-19.

Oleh karena itu, kita perlu untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker, terutama saat bepergian atau menggunakan fasilitas umum. Selain itu, kita juga perlu melakukan upaya lain, seperti konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, berolahraga secara teratur, lalu jika perlu kita juga dapat mengkonsumsi suplemen kesehatan. Presiden Joko Widodo setuju vaksin bukan satu-satunya jalan mengatasi pandemi dan krisis yang ditimbulkannya. Ia berharap warga disiplin terhadap protokol kesehatan, sementara pemerintah akan fokus mempersiapkan vaksin dan program vaksinasi dengan cermat agar kita bisa bangkit pulih dari pandemi.

Vaksin dapat menangani Covid

Penelitian vaksin yang dilakukan UI bernama “Vaksin Merah-Putih Platform UI”, yaitu UI mengembangkan vaksin DNA, mRNA, danVirus-Like-Particles. Prof. Bambang juga berterima kasih kepada dr. Budiman Bela dan tim yang telah berupaya mengembangkan sesuatu yang baru melalui DNA, mRNA, dan VLP. Itu dia informasi tentang efek vaksinasi terhadap penderita post-acute COVID-19 syndrome. Semoga penelitian lanjutan dari para ahli bisa segera menemukan cara mengatasi long COVID yang paling efektif. Orang yang divaksinasi nantinya diharapkan memiliki gejala yang tidak sama beratnya dengan mereka yang belum divaksin,” jelasnya.

Jokowi tampak hadiri langsung vaksinasi Massal Covid-19 yang digelar di daerah Riau dan Kepulauan Riau. Kedua, strategi surveilans, yakni mencari siapa yang terinfeksi, kemudian mencari lagi siapa yang telah ditularkan untuk dilakukan isolasi. Imunisasi yang tertunda harus dilanjutkan kembali segera setelah risiko penularan COVID-19 berkurang dan pelayanan imunisasi sudah mampu untuk dilanjutkan. Protokol kesehatan tetap prioritas pada saat pelayanan imunisasi dimulai Kembali.

Mari sukseskan program vaksinasi COVID-19 yang diberikan free of charge oleh pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar vaksin COVID-19, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Setelah semua kelompok prioritas di atas mendapat vaksin COVID-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok penerima vaksin COVID-19 lainnya, mulai dari penduduk di daerah yang banyak kasus COVID-19 sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung.

Dia juga menjelaskan, secara pribadi pihaknya menyerahkan seluruh rencana penanggulangan pandemi termasuk vaksin ke pihak ahli. Untuk itu, Bambang tentu mencari tahu tentang manfaat dari vaksin khususnya dari para ahli yang memang memiliki kewenangan. Ke depan, harapannya dengan adanya vaksin, aktivitas masyarakat bakal bisa segera kembali regular.

Di Indonesia, Bio Farma dan anak perusahaannya mendapat mandat untuk melakukan pengadaan, pengemasan, dan distribusi vaksin Covid-19. Tanggung jawab distribusi yang diemban Bio Farma dilakukan hingga Dinas Kesehatan Provinsi. Dari tempat penyimpanan di tiap provinsi, vaksin akan diedarkan kepada fasilitas yang akan menjalankan program vaksinasi, yakni RS pemerintah, RS swasta, serta Puskesmas.