Menu Close

Peluang Bisnis Kost

Di dalamnya, dijelaskan mengenai PPh untuk usaha yang diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu. Selain itu, diterapkan juga PPh Final kepada wajib pajak pribadi dan badan dengan perolehan omset di bawah four,eight miliar rupiah dalam 1 tahun. Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga menjadi faktor penentu harga. Karena indekos yang hanya menyediakan kamar saja tidak akan sama harganya dengan kost yang menyediakan fasilitas kamar mandi dalam serta air panas.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan membeli dan membangun rumah untuk penyewaan kamar kos-kosan, ada baiknya Anda membandingkan harga tanah dan mencari yang harga tanahnya paling rendah. Lakukanlah riset dan survey pada setiap penjualan tanah serta pertimbangkalah lokasinya agar Anda bisa mendapatkan harga yang paling baik. Harga rumah dan tanah setiap tahunnya memang selalu mengalami peningkatan. Namun untuk mendapatkan keuntungan yan maksimal, maka Anda harus mencari lokasi rumah yang terbaik dan tepat. Jadi, jangan asal tergiur dengan harga tanah atau rumah yang murah, karena nantinya hal tersebut akan mempengaruhi harga sewa kamar kos-kosan Anda.

Pemilik kos sebaiknya mengikuti perkembangan teknologi untuk mempermudah penyewa dan pemilik. Misalnya, pembayaran sewa tidak harus money, tapi bisa ditransfer melalui internet banking. Tidak sekadar menambah pendapatan, penghuni kos pun pasti puas dan tambah nyaman bisa mendapatkan fasilitas tambahan selain kamar. Ujung-ujungnya, mereka akan menjadi penghuni kos yang loyal dan enggan pindah. Liputan6.com, Jakarta – Bisnis kos-kosan bisa dibilang menjadi investasi dengan prospek yang cukup baik. Harganya naik mengikuti inflasi, jadi cocok diandalkan sebagai penghasilan pasif setiap bulan.

RADAR JOGJA- Dampak pandemi Covid19 makin terasa bagi dunia usaha termasuk hotel, restoran hingga kos-kosan di Jogjakarta. Tak pelak banyak pelaku usaha lodge, restoran hingga kost-kostan yang terpaksa menjual asset mereka. Nasib anak kost pun ikut terdampak, terlebih saat ini banyak pelajar mahasiswa yang pulang ke kampung halaman. Lantaran ada pekerjaan yang dibatalkan, Tukul mengandalkan pendapatannya dari bisnis kos-kosan yang digeluti. Diketahui, pria kelahiran sixteen Oktober 1963 itu memiliki sekitar 200 kamar kos di wilayah Jakarta. Apabila sudah menentukan sistem termin, berikutnya adalah menentukan harga sewa kost.

“Saat ini saya mengandalkan kost-kostan. Uang di sepak bola kami belikan tanah untuk membangun beberapa unit kost,” ucapnya. Regulasi dan harmonisasi mengenai pengenaan pajak atas usaha rumah kos telah diatur pemerintah melalui berbagai peraturan perundangan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Sementara itu, pemerintah daerah mendapat porsi administrasi PBB P-2 dan Pajak Hotel. Pada tahap teknis pelaksanaan di lapangan, diharapkan tidak lagi terjadi kebingungan dalam pengenaan jenis pajak pada usaha rumah kos.

Prospek yang cerah, menguntungkan dan menjanjikan serta laris manis dari bisnis penyewaan kamar kost-kostan di kota membuat banyak para pelaku usaha mulai melirik bisnis properti ini. Ditambah keuntungan lain dari bisnis kost-kostan yang harga jual rumah kost-kostan akan semakin naik setiap tahun. Dan bisa disewakan dengan keuntungan perbulan yang cukup menjanjikan. Usaha kamar kost-kostan merupakan jenis usaha yang bersifat pasif. Dimana ketika kita tidak bekerja, kita tetap memperoleh pendapatan setiap bulan dari usaha sewa kamar kost-kostan. Bila Anda ingin memiliki usaha kos-kosan yang ramai maka harga yang diberikan tidak boleh terlalu tinggi namun harga tsb pun tidak boleh terlalu rendah agar tidak merugi.

Usaha kost-kostan

Bisnis kos-kosan memang merupakan bisnis yang dapat memberikan Anda keuntungan dengan mudah. Jika lokasi tempat Anda sudah cukup strategis, Anda bisa membangun kos-kosan di sana. Hery mulai membuat kos-kosan dengan membeli tanah seluas 220 meter persegi. Harga tersebut termasuk murah dibandingkan rata-rata harga tanah di BSD sekitar Rp 1,7 juta permeter persegi. Hal inilah yang membuat bisnis kos-kosan begitu digemari oleh mereka yang memiliki pekerjaan tetap.