Menu Close

Mau Usaha Kost

Tetapi kamu juga harus memperhatikan fasilitas dan pengelolaannya. Jika dikurangi lai- lain keuntungan dari bisnis ini tetap terlihat menggiurkan. Perawatan yang dibutuhkan memang tidak terlalu banyak, umumnya masalah yang muncul meliputi, air, WIFI, pintu gerbang listrik dan lainnya. Tentunya kamu tak perlu mengeluarkan biaya perawatan secara rutin.

Usaha kost-kostan

Tak pelak banyak pelaku usaha lodge, restoran hingga kost-kostan yang terpaksa menjual asset mereka terlebih saat ini banyak pelajar, mahasiswa yang pulang ke kampung halaman. fasilitas print information pendaftaran sekaligus sebagai surat pernyataan/perjanjian penghuni kost dan pemilik kost yang kontent pernyataan bisa diedit sesuai kebutuhan. Di period disrupsi ini, hubungan sosial itu mulai tergeser nilai-nilai komersial. Satpam dan penjaga kos-kosan yang melayani kebutuhan penyewa, menjadi komponen baru yang menyerap tenaga kerja. Bentuk penyewa kos dan induk semang ini lalu menjadi model umum yang berlaku di masyarakat kita. Tak jarang, hubungan antara anak kos dan tuan rumah ini sarat kekeluargaan, disebabkan kerapnya interaksi di antara mereka.

Mulai dari fasilitas tempat tidur, lemari, kamar mandi hingga AC. Untuk desain yang diusung, YouTuber satu ini memilih untuk memadukan antara warna putih dan juga cokelat. Membuat kesan lembut dan homey begitu kental di kosan kosan ini. Konsep yang diusung dalam kos kosan milik Artis Indonesia ini adalah gaya industrial. Di dalam kosan ini telah disediakan beberapa fasilitas mulai dari kamar mandi lengkap dengan showernya.

Karena properti enggak pernah sepi permintaannya, harga tanah juga tidak pernah turun khususnya di daerah-daerah tertentu,� kata wanita kelahiran tahun 1982 itu dalam sebuah perbincangan dengan Majalah RealEstat. Pengecualian dalam aturan PP Nomor 34 Tahun 2017 ini akan mengubah sistem penghitungan pajak kos-kosan ke skema pemajakan yang lebih simpel yaitu PP 46 Tahun 2013. Beberapa teman seringkali bertanya, bisakah memulai bisnis kost-kostan dengan cara KPR? Masalahnya pada sistem KPR harus ada sertifikat rumah yang menjadi objek pinjaman yang dijaminkan pada bank.

Tidak berbeda saat membangun kost dengan kurang dari 10 kamar, jika Anda membangun kost di tanah sawah baik yang kurang atau lebih dari 10 kamar Anda harus tetap mengurus IMB dengan fungsi yang sama. IMB adalah sebuah perijinan yang dikeluarkan oleh kepala daerah setempat (pemerintah kota/kabupaten) dan wajib diurus oleh pemilik yang akan membangun, menambah atau merobohkan suatu bangunan. karena untuk melindungi pemilik bangunan dar sanksi pemerintah, dan penting juga saat ada transaksi jual beli rumah. Menentukan harga juga biasanya menjadi sulit karena hal ini juga ditentukan oleh lokasi. Lokasi yang dekat dengan kampus atau perkantoran biasanya akan lebih mahal dibandingkan diluar area kampus atau kantor serta disesuaikan dengan fasilitas kamar.

Terakhir, usaha rumah kost berpeluang mendapatkan keuntungan bukan hanya dari menyewakan rumah kost saja. Sekedar informasi, rincian biaya bangun bisnis kos-kosan memiliki harga yang berbeda di setiap daerah berbeda. Oleh karena itu, jika Anda akan mencari tanah sebagai tempat mendirikan rumah untuk penyewaan kamar kos-kosan, maka perhatikanlah wilayah di sekitar tanah tersebut. Berbagai space pusat perekonomian yang sangat komersil tentunya akan membutuhkan berbagai pemukiman yang baru.

Mulai dari spesifikasi kos kosan, bentuk hingga harga bisa dilihat secara gamblang. Sementara untuk kost-kostan di bawah 10 kamar, hanya membuat Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan . Namun demikian, maraknya pembangunan usaha kost-kostan ini harus diimbangi dengan dengan pengawasan yang ketat. Bisa banget jadi referensi kamu jika berniat membuka usaha bisnis kost. Yang pasti, kalau sudah niat bikin usaha, ditekuni dengan maksimal dan jangan setengah-setengah ya.

Menginvestasikan penghasilannya untuk kos kosan ini ternyata mampu memberikan pemasukan tambahan yang menjanjikan. Lokasinya yang dekat dengan kampus tentu memudahkan banyak penyewa di kosan dara cantik ini. Apalagi Naysila mematok harga kosannya terbilang terjangkau, yaitu sebesar Rp. Begitupun sebaliknya, saat Anda mendapatkan harga sewa, lokasi strategis dan fasilitas yang sesuai tapi kos kosan tersebut sudah penuh terisi. Anda harus teliti mencari informasi mengenai keberadaan kos kosan di sekitar Anda untuk mendapatkan perbandingan. Calon penyewa tentu saja akan melakukan survey ke kos kosan yang ada di sekitar daerah yang diinginkannya.

Ingat bagaimana Anda mengelola kos-kosan dan mampu menjaga tata tertib tsb akan menentukan citra kos-kosan Anda di lingkungan masyarakat sekitar. Walaupun terlihat sangat menarik dan merupakan bisnis yang stabil namun bukan berarti Anda memulai bisnis kost-kostan dengan cara serampangan loh. Anda tetap harus mengetahui betul seluk beluk bisnis ini termasuk keuntungan dan risikonya. Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengaduan Badan Perizinan dan Pelayanan Terpadu Kota Banjar, Ujang Supriyatna, mengatakan, bila dilihat, sewa kamar kost atau kontrakan memang bentuknya usaha.