Menu Close

Kumpulan Berita Bekerja Dari Rumah

Sebenarnya on-line assembly bukanlah hal baru bagi para pekerja di dunia. Cara ini lumrah dilakukan di zaman teknologi yang sudah super canggih, sehingga Anda dan rekan kerja memungkinkan untuk berkomunikasi atau berkoordinasi dengan tim Anda di tempat yang berbeda. “Perkara ini perlu diteliti dengan membuat pindaan, supaya ada jaminan untuk mereka yang bekerja dari rumah kerana kemalangan juga boleh berlaku di rumah,” katanya. “Namun masih ada sebilangan majikan yang berfikiran lama, mahu pekerja ada depan mata sebagai bukti mereka buat kerja.

Lakukan setidaknya 30 menit sehari untuk mengurangi berat badanmu. Selain itu, saat di rumah juga sebaiknya tetap melalukan aktivitas lain supaya tetap produktif dan tidak bosan. Penyelidikan menunjukkan menghabiskan masa dalam keadaan santai dapat menurunkan tekanan, membantu untuk berehat dan membersihkan fikiran. Ketujuh, manfaatkan komunikasi video lebih daripada biasa khususnya untuk terus berhubung dengan ahli pasukan atau rakan pejabat.

Bekerja santai dari rumah

Salah satu cara untuk tetap dalam jalur dan menetapkan jadwal kerja di rumah adalah membuat daftar yang harus Anda lakukan dalam sehari. Bisa membuat template rencana harian yang membantu saya membuat rencana setiap jam terkait apa yang akan saya lakukan. Jika mengisinya pada malam sebelumnya, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan pada hari itu. Anda bisa menggunakan komputer di meja dapur atau bekerja sambil duduk di couch. Tetapi ruangan, lokasi, meja, atau kursi yang konsisten yang Anda ‘gunakan’ setiap hari untuk bekerja membantu otak Anda mengaitkan lokasi tersebut dengan penyelesaian pekerjaan. Seperti diungkapkan Laura Mae Martin, Executive Productivity Advisor di Google.

Jangan sampai kamu lupa istirahat karena memiliki terlalu banyak tugas atau terlalu asyik mengerjakan tugas tersebut. Kamu bisa menggunakan alarm jam weker atau ponsel sebagai reminder ketika waktu istirahat telah tiba. Selama ini, mungkin kamu bingung ingin melakukan apa ketika gak bekerja sehingga kamu bekerja terus-menerus sampai lupa waktu. Dengan pemikiran seperti itu,work life balancesaat WFH akan susah tercapai.

Tidak mudah dan butuh waktu, bahkan hampir pasti harus disesuaikan terus-menerus sesuai dengan situasi dan kondisi yang juga berubah secara dinamis. Atas segala tantangan bekerja dari rumah ini, nggak ada hal lain yang bisa saya lakukan selain bersyukur. Bersyukur atas kesempatan menempa diri yang diberikan sampai akhirnya bisa sejauh ini bertahan. Bayangan soal “enaknya” bekerja dari rumah seketika buyar ketika menghadapi kenyataan susahnya mengatur waktu antara bekerja dan mengerjakan urusan rumah tangga.

Mereka juga sibuk membersihkan kotoran-kotoran yang terbawa oleh air hujan. Mulai dari anak kecil tetangga yang menangis, tiba-tiba pengamen datang ke rumahnya, sampai diminta bantuan oleh sang istri untuk memandikan anaknya. Perangkat lunak untuk membuat desain sudah terbuka di layar komputer jinjingnya. Akan tetapi, ia mendaku banyak sekali distraksi dari lingkungan sekitar saat bekerja di rumah. Tidak memakan waktu, saya cukup meluangkan waktu 1 jam sehari 30 menit di pagi hari , dan 30 menit di sore hari.

“Lalu biasakan juga bagi pekerja untuk segera menghubungi lewat telepon ketika ada yang ingin didiskusikan, jangan menunda dengan berbalas surel. Jika melakukan video call, usahakan juga untuk menyalakan kameranya, agar rekan kita bisa melihat ekspresi wajah, gestur, dan senyum kita,” tambahnya. Busana berbahan cashmere cocok dikenakan saat cuaca dingin atau Anda yang terus menyalakan pendingin ruangan selama bekerja.

Mengenakan setelan kerja biasa dan mendapatkan tampilan segar untuk hari itu, sebelum Anda mulai bekerja akan memberi Anda pola pikir dan sikap yang benar. Meskipun banyak yang merasa sangat sulit untuk mengikuti rutinitas ini, bagaimanapun juga seseorang harus berusaha untuk mencapai penampilan yang rapi dan rapi ini saat bekerja di rumah. Ini akan memberi Anda suasana kantor yang sama, bahkan di rumah. Ketika diam di rumah saat bekerja, Anda tidak menikmati aktivitas fisik kecil yang biasa Anda lakukan di kantor, seperti berjalan dari satu meja atau ruang konferensi ke ruang lain, berjalan ke kafetaria dan lainnya. Sebaliknya, di rumah, Anda akan menemukan diri Anda dengan sakit punggung yang konstan, mati rasa di kaki Anda dan banyak lagi. Ini sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan Anda saat bekerja karena itu harus selalu menjadi prioritas pertama Anda terlepas dari tekanan di tempat kerja.