Kuliah Sambil Kerja? Terapkan 7 Suggestions Ini Agar Hidupmu Tetap Seimbang

Ini artinya, anda harus memiliki tujuan dan bekerja keras untuk mencapainya. Salah satu manfaat utama di kampus ialah anda memiliki banyak sumber pembelajaran. Saat orientasi, perhatikanlah lokasi pembelajaran kampus anda. Mereka akan membantu anda ketika anda memperlukan bantuan untuk mengerjakan tugas-tugas anda. Professor tidak memiliki waktu untuk mengajari anda dan anda akan sulit mengerti konsep-konsep tertentu, dan oleh karena itu guru privat akan sangat membantu. Jika anda tinggal di kampus, anda harus tinggal bersama dengan mahasiswa lain, kecuali asrama anda menawarkan satu kamar.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Alhasil, banyak kegiatan yang pada akhirnya diberhentikan sementara dan dilakukan di rumah. Salah satunya yaitu kegiatan kerja dan perkuliahan secara online. Namun, pasti kita akan di hadapkan pada satu pilihan nantinya yang harus lebih kita prioritaskan antara keduanya dan harus merelakan yang satunya.

Jika kegiatanmu tidak memungkinkan untuk ditunda, maka janganlah menunda kegiatan tersebut. Jika kamu mempunyai kebiasaan tersebut, alangkah baiknya untuk menghapusnya. Jadwal kegiatan yang kamu susun mungkin kadang-kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Kegiatan yang kamu prediksi akan selesai dalam durasi tertentu bisa saja selesai lebih lama dari prediksimu.

Kemudian buat daftar rencana hal-hal yang perlu dilakukan setiap hari untuk mencapai hal tsb. Menyadari apa saja hal-hal yang membuang waktu Anda akan sangat membantu Anda menggunakan waktu dengan baik. Dan seringkali Anda kesulitan untuk keluar dari ruang assembly. Terlalu banyak mengikuti meeting dapat membuat pekerjaan Anda terbengkalai.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Belajar di Korea membantu menjadikan kita mandiri dan menyadari pentingnya hidup bersosialisasi dan bisa banyak belajar dari semangat belajar mahasiswa Korea. Pada saat UAS/UTS, mereka bisa berada di perpustakaan sampai dua puluh empat jam! pengalaman unik lainnya bagi pelajar asing, mereka punya kesempatan mengunjungi banyak tempat selama ia kuliah. Dalam mata kuliah Korean Praktikum, para mahasiswa asing ini diajak untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di seluruh Korea bahkan sampai ke Jeju Island. Bagi pelajar asing, mereka harus pandai-pandai mengatur waktu di sela-sela menyelesaikan tugas sekolah.

Dengan banyaknya tugas, buku yang harus dibeli, transport dan uang makan sekalipun bisa tercampur dan akhirnya bingung kemana uang yang banyak bisa habis dalam sekejap. Apalagi kamu yang memutuskan untuk kuliah sambil kerja, kalau tidak bisa atur keuangan, bisa jadi hasil kerja kerasmu malah sia-sia. Namun, umumnya mereka mengambil kerja half-time karena jam kuliah yang tak memungkinan.