Ketua Kadin Sebut Harga Vaksin Gotong Royong Rp1 Juta Per Orang

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah terus menindaklanjuti mengenai vaksinasi gotong royong. Khusus terkait harga, pemerintah akan mengatur harga vaksin gotong royong ini melalui Peraturan Menteri Kesehatan . Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 pasal 23, besaran tarif maksimal vaksinasi gotong royong ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Biaya vaksinasi gotong royong yang dilaksanakan fasilitas pelayanan swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Pemerintah masih belum menentukan harga dan waktu pelaksanaan vaksinasi mandiri atau kini dikenal dengan nama vaksinasi gotong royong. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa penetapan dua hal tersebut dilakukan setelah pertemuanPT Bio Farma dengan produsen vaksin.

Saat ini masih banyak pengusaha yang terdampak Covid-19 sehingga kondisi keuangan perusahaan belum sepenuhnya pulih. Adapun harga vaksin nantinya akan ditentukan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, seperti diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. “Untuk 6.644 perusahaan ini sudah kami laporkan ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan ditaksir kebutuhan vaksinnya sebanyak 7,5 juta dosis,” ujarnya Sabtu (27/2). Jumlah tersebut untuk pembiayaan dua dosis vaksin dan juga seperangkat alat kesehatan sekali pakai yang digunakan dalam proses penyuntikan. “Kami sudah sampaikan antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta untuk satu set vaksin, untuk dua kali penyuntikan,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia Shinta W. Kamdani di Jakarta, Rabu (3/3). Sarman mengungkapkan, pengusaha bisa lebih menghemat jika memiliki fasilitas klinik dengan standar tertentu sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya penyuntikan.

“Untuk lokasi pemberian vaksin, kami masih menegosiasikan dengan Pemerintah untuk kesepakatannya. Tetapi tidak mengganggu pelayanan yang ada dan akan dilibatkan juga rumah sakit swasta,” tutupnya. “Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut,” katanya. Vaksinasi gotong royong penting bagi pengusaha untuk melindungi pekerjanya.

Biaya vaksinasi mandiri dibebankan kepada badan hukum/badan usaha yang menyelenggarakannya. Dalam diktum kedua aturan tersebut, disebutkan harga pembelian vaksin dalam poin di atas merupakan harga tertinggi vaksin per dosis yang dibeli oleh badan hukum/badan usaha, dan sudah termasuk keuntungan 20%. Biaya vaksin COVID mandiri akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan pelaksana. Para penerima vaksin melalui program gotong royong tidak akan dikenai biaya apa pun. Sementara itu, harga vaksin Gotong Royong yang dipatok belum termasuk pajak pertambahan nilai . VIVA– Presiden Jokowi memerintahkan jajaran di bawahnya segera menyiapkan biaya vaksin mandiri COVID-19.

Covesia.com – Sampai saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong COVID-19. Kalangan pengusaha menilai penetapan harga vaksin Sinopharm untuk program vaksinasi gotong royong sudah perfect meski sebelumnya pernah mengusulkan agar harganya sesuai kemampuan mereka. Biaya vaksin COVID mandiri melalui skema program vaksinasi gotong royong sudah resmi ditetapkan pemerintah. Berbeda dengan vaksin yang diberikan pemerintah secara cuma-cuma, vaksin ini akan ditanggung pihak pengusaha. Sidoarjo – Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong COVID-19 karena Bio Farma belum menemukan produsen yang sesuai. Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong COVID-19.

Menko Airlangga Hartarto pemerintah segera tetapkan harga vaksin mandiri dan prioritas untuk industri padat karya. Sarman mengungkapkan, sebelumnya dunia usaha juga pernah mengusulkan agar harga vaksin mandiri bisa disesuaikan dengan kemampuan pengusaha yakni di kisaran Rp250 ribu-Rp500 ribu. Pemerintah memastikan saat ini belum menetapkan harga bagi vaksin Covid-19 berbayar yang diperuntuhkan bagi masyarakat umum.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan PEN Erick Thohir menegaskan bahwa vaksin berbayar buat orang kaya bukan berbarti pemerintah nyari untung. Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 asal China, Sinovac dipastikan aman untuk imunisasi masyarakat Indonesia. Pasalnya vaksin tersebut telah dibuat sesuai standar atau Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Berbagai macam perusahaan kesehatan kini sedang gencar melakukan uji vaksin covid-19. Salah satu yang sedang hangat diperbincangkan adalah kesaktian vaksin Pfizer dan Moderna. Meskipun pemerintah sudah memastikan jika seluruh masyarakat akan mendapatkan vaksin.

Harga vaksin mandiri

Hal ini memastikan, bahwa program vaksinasi ada juga yang dibayar sendiri oleh masyarakat. “Memang vaksin Corona untuk rakyat ditargetkan gratis, minimal untuk pemilik BPJS Kesehatan. Netizen berharap vaksin Corona yang dilakukan secara mandiri mudah didapat dan harganya terjangkau. Kata Semiaji, vaksinasi Covid-19 ditargetkan kepada sixty seven persen dari 167 juta penduduk. Sebagai informasi, Bio Farma memastikan suplai Vaksin Gotong Royong sebanyak 35 juta dosis. Adapun vaksin COVID-19 yang digunakan yakni Sinopharm dari Tiongkok, Sputnik V dari Rusia, dan CanSino dari Tiongkok.