Kedutaan Besar Republik Indonesia, Di Ankara, Turki

“Turki juga sudah bekerja sama dengan agen perjalanan besar dari 50 negara pemasok turis terbesar sehingga sistem mereka sudah diakui,” tambah Iqbal. “Pemerintah Turki melihat jauh lebih mudah memitigasi risiko kesehatan dibanding risiko ekonomi sehingga mengambil risiko membuka pariwisata,” jelas dia. Dana Investasi Langsung Rusia yang mempromosikan vaksin Sputnik V Covid-19 Rusia ke seluruh dunia mengatakan bahwa mereka dapat meluncurkan wisata berbasi vaksin pada akhir Juli 2021. Dilansir dariCNBC, 90% pekerja garis depan, dan hampir 50% dari keseluruhan populasi telah memiliki satu dosis vaksin untuk melawan Covid-19. Maladewa juga turut serta di program Covax dari Organisasi Kesehatan Dunia . Pembukaan Turki untuk para wisatawan mancanegara ini dilakukan dengan cara bertahap, pertama untuk negara-negara di Asia lalu untuk Rusia, baru selanjutnya negara-negara dari kawasan Eropa.

Sebagai media wisata, DestinAsian Indonesia memberi pemahaman akan suatu tempat, menceritakan realitas yang luput dari brosur dan buku panduan, serta melaporkan berita terbaru dari dunia pariwisata. Kami juga memberi ruang bagi penulis dan fotografer asal Indonesia untuknterus berkarya. Dukung DestinAsian Indonesia dengan nilai kontribusi terkecil Rp10.000, dan Anda hanya butuh satu menit untuk melakukannya. Paket wisata yang ditawarkan yakni Tour ke Turki yang di banderol dengan harga Rp 9 Jutaan all in. Perjalanan ini dilakukan selama 9 hari dengan mengunjungi kota Istanbul, Bursa, Kusadasi, Pamukkale, Konya, Cappadocia dan kota Ankara. Hingga akhir Ramadan tanggal 13 Mei 2021, jam operasional fasilitas kuliner akan dibuat 24 jam hanya untuk layanan pengiriman.

Turki sudah membuka untuk turis

Negara Pasifik Selatan yang terdiri dari 15 pulau yang tersebar di wilayah luas Samudra Pasifik ini telah melaporkan zero kasus COVID-19. Mulai 17 Mei, warga Selandia Baru dapat menikmati pantai Kepulauan Cook yang menakjubkan dengan menggunakan gelembung perjalanan baru yang memungkinkan kunjungan bebas karantina. Pengunjung dari negara lain masih dilarang memasuki Kepulauan Cook.

Negara ini telah membuka kembali resort dan perjalanan udara internasional. Meski demikian, pemerintah masih memberlakukan aturan wajib mengenakan masker wajib dan pemberlakuan jam malam sejak pukul 8 malam hingga jam 5 pagi. Khusus warga negara Indonesia yang masuk ke Turki dengan penerbangan dari Indonesia dan ingin kembali ke Indonesia wajib menunjukkan tiket pulang. Saat lockdown, pemerintah Turki menutup semua restoran tapi tetap mengizinkan pembukaan restoran dengan sertifikat khusus untuk menerima turis asing.

Tak perlu menunjukkan hasil tes PCR negatif dan tak diminta karantina. Turis juga direkomendasi untuk memiliki asuransi perjalanan yang mengcover Covid-19. Republic of North Macedonia yang berada di Semenanjung Balkan, Eropa bagian tenggara, secara resmi membuka kembali negaranya bagi turis internasional dari semua negara per 1 Juli 2020, tanpa batasan. [newline]Kecuali jika masuk North Macedonia melalui Serbia, Bosnia and Herzegovina, dan Montenegro, maka diminta menunjukkan hasil tes PCR yang negatif dengan masa berlaku maksimal 72 jam sebelum melewati perbatasan. Cek suhu tubuh di terminal kedatangan dan pemakaian masker diberlakukan. Sejak 15 Juli, Maldives membuka pintu masuknya bagi pelancong wisata dari seluruh dunia. Mereka yang datang, diwajibkan mengisi kartu pernyataan kesehatan dan tidak perlu melakukan pengujian Covid-19 atau menjalani karantina dua minggu sebelum melakukan berwisata.

Bisa dikatakan Turki adalah negara paling longgar untuk soal aturan perjalanan untuk turis Internasiona yang ingin liburan ke negara tersebut saat pandemi. Sandy menjelaskan fokus pemerintah dalam masuknya wisatawan internasional mulai dari kondisi kesehatan juga angka penularan di daerah tujuan. “Saran kami, pastikan memiliki asuransi perjalanan. Sebab, banyak wisatawan Indonesia yang ke Turki tidak dibekali dengan asuransi perjalanan,” jelasnya dalam konferensi pers virtual, Senin 5 April.

Karyawan di resort dan fasilitas wisata lainnya akan diberi prioritas untuk vaksinasi sebelum musim panas utama. Banyak lodge sedang dipersiapkan untuk menguji wisatawan jika bukti tes negatif masih diperlukan. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy, mengatakan mereka tidak akan meminta paspor vaksinasi dari pelancong internasional saat memasuki negara ini. “Kami memiliki proses perbatasan kelas dunia untuk memastikan perjalanan berisiko rendah di seluruh Turki,” kata dia.

Sandy mengatakan dari Kementerian Hukum dan Ham juga sudah memperpanjang waktu tinggal wisatawan asing menjadi 60 hari dari 30 hari di zona hijau itu. Sehingga sehingga bisa mengakomodir lalu lintas wisatawan asing melalui kebijakan journey corridor association ini. Di beberapa perbatasan provinsi juga ada checkpoint yang dijaga tentara, untuk melakukan pengecekan random bagi kendaraan yang lewat. Bahkan di beberapa kota, seperti di Konya, aparat keamanan kadang masih melakukan sidak ke resto atau cafe.

Selain itu, wisatawan Inggris kemungkinan tidak perlu melakukan tes PCR sebelum kedatangan karena keberhasilan program vaksin Inggris. Beberapa negara sudah mulai berani membuka industri pariwisatanya untuk wisatawan mancanegara. Namun, tetap dengan syarat sudah Agen PAY4D Terpercaya melakukan vaksinasi penuh dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Nah kali ini MNC Travel ingin mengajak para Tripers untuk mengunjungi Turki dan bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata internasional pilihan para Tripers selama pandemi Covid-19.