Kasus Harian Menurun, Anies Tetap Ingatkan Warga Tidak Kendor Patuhi Prokes

Sementara dari yang telah menerima vaksin dosis kedua sebanyak 1,94 juta dosis, yang tetap terinfeksi sebanyak 1.896 atau sekitar 0,1 persen. Pada kurun waktu tersebut di atas, penduduk DKI Jakarta yang tidak bergejala sebanyak 8.051 orang dan yang bergejala 6.658 orang. Meski begitu, perlu diingat bahwa dengan vaksin bukan berarti secara otomatis COVID-19 akan hilang secara cepat. Diperlukan waktu untuk vaksinasi seluruh penduduk, yang mana Indonesia sendiri terdiri atas lebih dari 230 juta penduduk. Realisasi distribusi vaksin akan memiliki tantangan tersendiri dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dengan beragam tipografi wilayahnya. Ketersediaan vaksin sendiri juga menjadi salah satu kunci, yang mana terkait dengan kapasitas produksinya, yang juga akan mempengaruhi waktu produksi vaksin sejumlah penduduk Indonesia.

Pemerintah juga sudah menjamin keamanan vaksin karena telah melalui uji klinis yang ketat. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut angka meninggal karena COVID-19 yang sudah divaksin sangat rendah. Uji klinik pada fase 1 dan 2 di China, menunjukkan yang melibatkan lansia sebanyak four hundred orang dengan diberikan Link Kong4D dua dosis dengan jarak 28 hari, dan menunjukan kadar antibodi yang baik. Tetapi kenyataannya, suntikan vaksin Sinovac dalam memadamkan pandemi membutuhkan jumlah penerima yang besar. Skenario ini telah dirancang di negara berkembang, dengan akses fasilitas kesehatan dan infrastruktur terbatas, sehingga vaksinasi tetap tidak bisa berjalan cepat.

Setelah disuntik, penerima vaksin disarankan untuk tetap berada di lokasi vaksinasi setidaknya 30 menit. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau efek samping vaksin. Menurut rekomendasi PP Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia , vaksin khusus COVID-19 tidak disarankan untuk penderita penyakit autoimun. Hal ini karena belum ada penelitian mendalam mengenai efektivitas vaksin terhadap penderita penyakit autoimun. Meskipun kamu hanya demam pun (suhu di atas 37,5°), vaksinasi perlu ditunda sampai suhu tubuh kembali stabil.

Vaksinasi menurunkan presentase kematian

Kelima, peningkatan aksesibilitas terhadap alat kesehatan dan obat -obatan melalui pemerintah. Kedua, upaya manajemen klinis yang bisa dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan rujukan Covid-19. Ketiga, peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan dengan mengkonversikan pelayanan kesehatan umum menjadi pelayanan darurat Covid-19 sesuai kebutuhan. Hal tersebut menjadi penting, sebab di beberapa daerah seperti Jakarta, Kudus, dan Bangkalan sudah terkonfirmasi varian virus dari India yang mendominasi.

Kedua, sebanyak 19 persen responden mengkhawatirkan efek samping di kemudian hari. Ketiga, sebanyak 8 persen responden meyakini ada alternatif selain vaksin untuk mengakhiri pandemi. Dari segi waktu pemberian vaksin, sebagian besar responden, yaitu sebanyak forty nine persen, berharap vaksinasi massal dilakukan apabila kualitas vaksin telah terbukti efektif. Velma juga menyarankan pemerintah aktif melakukan sosialisasi mengenai vaksinasi tersebut, khususnya terkait keamanannya melalui banyak hal. “Tidak ada efek samping berat yang dilaporkan, kecuali reaksi alergi anafilaksis yang umumnya timbul pada orang yang memiliki riwayat alergi obat sebelumnya. Risiko itu diminimalkan dengan melakukan pengawasan selama 30 menit setelah vaksinasi,” jelasnya.

Pertama, sebagai upaya untuk menekan penularan dan menurunkan kematian akibat Covid-19. Kedua, mendukung pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi nasional Covid-19. Ketiga, optimalisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan nasabah, mengingat sektor perbankan merupakan salah satu sektor atau bidang usaha yang tetap beroperasi selama pandemi Covid-19.

Hal yang sama juga berlaku pada tempat umum lain dengan ventilasi udara yang buruk.

Hal ini penting karena ada sebagian orang yang tidak bisa divaksin karena alasan tertentu. Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi. Gubernur DKI menjelaskan meski vaksinasi tidak a hundred persen mencegah kematian, namun vaksinasi dapat menurunkan risiko keparahan dan kematian akibat Covid-19. Lalu untuk kasus kematian sebanyak 7.438 kasus , dimana 35 persen kasus positif aktid dengan gejala sedang sampai dengan kritis membutuhkan perawatan rumah sakit.