Kabar Baik! Pemerintah Kembali Datangkan 10 Juta Vaksin Sinovac

Uji klinis fase terakhir ini melibatkan jauh lebih banyak orang dengan waktu pengamatan yang juga jauh lebih lama. Vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac ini dibuat menggunakan whole-virus vaccine. Artinya, vaksin tersebut mengandung SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, yang dilemahkan atau dibuat menjadi tidak aktif. Pada bulan ini, Tokyo juga berjanji untuk menyumbang vaksin Covid-19 ke beberapa negara tetangganya di Asia di luar Covax untuk mempercepat distribusi.

Dalam kampanye ini, Enesis Group membagikan paket kesehatan sekaligus mengedukasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di transportasi publik. “Para mitra inilah yang turut aktif mengajak, mengorganisir warga, hingga kita bisa mencapai ratusan ribu vaksinasi dalam sehari di Jakarta,” kata Anies. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan perkembangan terkait vaksinasi COVID-19. Anies mengatakan, vaksinasi di Jakarta kini mencapai one hundred twenty ribu orang per hari. Sementara itu, kelompok kedua memperoleh dosis one hundred mikrogram, dan kelompok ketiga menerima dosis 250 mikrogram. Uji coba vaksin Covid-19 tahap I yang dilakukan oleh Moderna, dimulai dengan memberikan vaksin tersebut pada forty five orang dewasa sehat yang kemudian dibagi menjadi tiga kelompok.

Selain itu, jenis vaksin yang digunakan dan diteliti khasiatnya di Amerika Serikat, seperti Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Johnson and Johnson, merupakan vaksin yang berbeda dengan yang saat ini dipakai di Indonesia. Terhadap pelaku perjalanan internasional dari Amerika Serikat tak direkomendasikan uji SARS-CoV-2, kecuali diwajibkan oleh tempat tujuan. Sementara untuk pelaku perjalanan yang datang ke Amerika Serikat, wajib membawa hasil uji negatif SARS-CoV-2 atau dokumen yang menyatakan sembuh dari COVID-19. Panduan tersebut juga dapat diterapkan pada vaksin COVID-19 yang telah diizinkan untuk penggunaan darurat oleh WHO, misalnya AstraZeneca/Oxford. Dilansir dari panduan CDC, ketentuan melepas masker hanya berlaku untuk vaksin COVID-19 yang kini diizinkan untuk penggunaan darurat oleh Food and Drug Administration AS, yaitu vaksin Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Johnson and Johnson (J&J) / Janssen COVID-19.

Kabar baik bahwa Indonesia sudah banyak yang di vaksin

Berdasarkan studi klinis regdanvimab secara signifikan mengurangi risiko rawat inap atau kematian sebesar 72% untuk pasien yang berisiko tinggi berkembang menjadi COVID19 yang berat hingga hari ke-28. Saya senang sekali kalau keberadaan gedung ini bisa menjadi modal yang signifikan untuk penemuan vaksin Covid-19. Tidak perlu lama-lama, dalam minggu ini mohon agar diselesaikan permasalahannya sehingga bisa segera dimanfaatkan,” kata Muhadjir, seperti dikutip dari Liputan6. Sementara itu, pemerintah terus berupaya untuk menemukan dan mengembangkan vaksin Corona yang akan diproduksi sendiri di dalam negeri melalui Bio Farma. Liputan6 mewartakan, pemerintah Indonesia telah menyiapkan Gedung Laboratorium Avian Flu di Komplek Bio Farma.

“Ini perkembangan yang baik, berita yang menggembirakan dari dunia ilmu pengetahuan terutama kemajuan teknologi kesehatan,” kata dr. Reisa. “Indonesia pun telah setuju melakukan upaya bersama memproduksi vaksin untuk melindungi diri seluruh masyarakat dunia,” ucapnya. Muhadjir menyebutkan Kakek Merah FAFAFA bahwa pemerintah terus melakukan langkah-langkah penting guna mempercepat pemulihan kesehatan, membangkitkan produktivitas, dan mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah adalah melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat .

Secara tidak langsung, pemerintah Indonesia telah mengamankan sekitar 440 juta dosis vaksin yang datang secara bertahap. Ketersediaan stok vaksin mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target vaksinasi sebanyak dua juta dosis per hari untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunal. INDUSTRY.co.id,Jakarta-Pemerintah Indonesia kembali mengamankan ketersediaan stok vaksin untuk masyarakat.