Ingin Mengasah Kecerdasan? Berbicaralah Pada Diri Sendiri

Kita seolah-olah tidak mengetahui seberapa besar kekuatan dalam diri dan kemudian membatasi kemampuan karena berpikir tidak bisa. Percaya tidak bahwa inilah yang seringkali membuat kita merasa sedih dan menderita? Karena kita cenderung menyalahkan orang lain termasuk keluarga, pasangan, rekan kerja, dan atasan. Padahal sebenarnya hanya diri sendiri lah yang menentukan hidup kita. Kita seutuhnya bergantung pada diri sendiri bukan pada orang lain.

Dalam bermain, anak-anak pada awalnya tidak dibatasi oleh struktur, mereka bebas menjadi apa pun yang mereka mau. Semakin bertambahnya usia, anak-anak mulai memakai aturan dalam permainan, contohnya dalam permainan petak umpet atau benteng-bentengan. Permainan ini membutuhkan strategi dan komunikasi dengan teman sebayanya.

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal. Saat melakukan kegiatan positif yang dilakukan secara rutin, maka kamu mampu melepaskan energi negatif yang ada dalam tubuh. Makanya, penting sekali untuk memiliki hobi yang dapat mendukung target kamu.

Anak akan sangat menikmati apabila dia dapat menunjukkan bakat serta minatnya. Apabila seorang anak tidak diberikan ruang untuk dapat berekspresi, itu bisa menyebabkan anak Anda kurang percaya diri nantinya. Ada baiknya Anda mengajak anak untuk sesekali berada dalam keramaian seperti saat ada pertemuan keluarga, acara arisan, family gathering dan lain-lain. Hal seperti ini akan membuatnya tidak merasa asing di dalam lingkungan yang terdapat banyak orang. Buatlah suasana atau hubungan antara orangtua dengan anak yang terbuka.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Tekunilah hobi yang dapat menjadikan otak anda bekerja sehingga akan lebih meningkatkan kecerdasan otak. Jika anda memang mampu melakukan dan menekuni hobi anda yang banyak maka akan lebih baik jika dilakukan dengan seimbang tetapi harus tetap ingat dengan kemampuan dan keterbatasan kekuatan fisik anda. Jangan terlalu dipaksakan jika fisik sudah tidak kuat, maka istirahat bisa anda lakukan jika sudah lelah. Cara meningkatkan kecerdasan otak lainnya yaitu dengan olahraga otak. Olahraga otak dapat dilakukan dengan menggerakan tubuh anda saat mempelajari sesuatu. Olahraga otak ini telah dikembangkan oleh para spesialis pendidikan selama 25 tahun yaitu salah satunya oleh Dr. Paul Dennison.

Untuk mengetahui potensi diri, maka seorang individu harus mampu mendapatkan pengetahuan mendasar tentang apa itu potensi diri. Modul ini akan berusaha membantu para mahasiswa dalam mengenali, mengembangkan dan melejitkan potensi diri sehingga mampu sukses di masa mendatang. Permasalahan terbesar dalam hidup adalah mengenali potensi diri sendiri. Sebab dengan mengenali potensi diri akan mampu memenangkan kita dalam kehidupan.

Seringkali bakat terpendam kita justru dikenali oleh orang lain yang bahkan tidak kita sadari. Untuk mengenali bakat kita sendiri, ada beberapa proses yang harus dijalani untuk benar-benar mengetahui bakat sebenarnya dalam diri kita. John D. Mayer dari University of New Hampshire menyampaikan bahwa kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk memikirkan dan menggunakan emosi untuk meningkatkan kemampuan berpikir.

Artinya, jika kamu ingin meningkatkan kesehatan psychological dan keterampilan memecahkan masalah, kamu tidak boleh mengabaikan kesehatan fisik. Ingatlah untuk berolahraga secara teratur, tidur nyenyak dan istirahat. Solusi paling luar biasa untuk suatu masalah tidak harus selalu rumit, tetapi kreatif.