Ikatan Dokter Indonesia Idionline

Penutup kepala berfungsi untuk melindungi kepala dan rambut para petugas medis dari percikan air liur atau dahak pasien selama mereka merawat atau memeriksa pasien. Penutup kepala harus terbuat dari bahan yang dapat menahan cairan, tidak mudah robek, dan ukurannya pas di kepala. “Laporan sementara, almarhum memang menerima vaksin pada Kamis dan ditemukan telah meninggal pada Jumat malam. Dari pemeriksaaan sementara, ditemukan tanda-tanda kekurangan oksigen, dan tanda ini tidak berhubungan dengan akibat vaksinasi,” ujar Nadia. Adapun terkait dokter di Palembang yang diklaim meninggal karena vaksin Covid-19, Tempo telah memeriksa klaim itu pada 25 Januari dan menyatakannya keliru.

Selain APD, banyak juga yang menyumbangkan makanan dan minuman sehat sarat gizi untuk menjaga kesehatan para tenaga medis. Tidak sampai situ saja, mereka juga mandi sebelum jalan pulang dari rumah sakit. Sampai di tempat singgah untuk istirahat, para nakes ini juga langsung mengganti semua baju dan kembali mandi. Dalam menjaga keamanan diri dari paparan virus, para nakes di rumah sakit benar-benar menjalankan protokol kebersihan yang luar biasa.

Selain meminta agar menaati protokol kesehatan, kata dia, masyarakat harus mengurangi mobilitas. Sebab varian delta yang penyebarannya lebih cepat telah masuk ke DIY. Dia meminta kesadaran warga untuk sama-sama menjaga protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran. Jika ada warga yang tidak memakai masker diharapkan saling mengingatkan. Oleh karena itu dia mengharapkan kerjasama dan peran aktif masyarakat untuk sadar menerapkan protokol kesehatan. Karena saat ini tingkat keterisian tempat tidur sudah sangat tinggi.

Nakes banyak yang terkena covid

“Terinfeksi atau tidaknya itu, kan, tidak hanya dilihat dari perlindungan diri, tapi juga sistem imun tubuh. Para petugas medis yang bekerja di rumah sakit, khususnya yang menangani virus corona, pasti mengalami kelelahan karena jumlah korban yang terus bertambah. Dari whole kasus, sampai saat ini 68 Kakek Merah FAFAFA persen tenaga kesehatan dinyatakan sembuh, 29 persen dalam perawatan, dan tiga persen meninggal dunia. Ratusan tenaga kesehatan dilaporkan tertular Covid-19, dua di antaranya meninggal dunia. Memperbaiki kualitas alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan juga termasuk prioritas penanganan pandemi yang harus segera dilakukan.

“Nakes, 153 positif COVID-19. Ada yang diisolasi terpusat ada yang di rumah. Untuk penambahan ruangan kurang lebih kita butuh penambahan 80 nakes,” katanya. “Jadi semua pasien tidak bisa langsung masuk ruangan. Kita harus evaluasi apakah ini pasien COVID-19 maupun non COVID-19,” imbuhnya. Dalam pemberitaan CCTV pun ditayangkan, hal ini terlihat sangat jelas dalam praktik pencegahan penyakit di kota Guangzhou, provinsi Guangdong, Cina selatan. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah harus memakai masker bahkan di tempat-tempat yang tidak memiliki penularan virus yang tinggi. “Satu-satunya jalan mobilitas ditekan dan taat protokol kesehatan. Paling tidak 14 Hadi enggak bertemu hilang nanti,” katanya.

Data Pemprov DKI Jakarta menyebutkan bahwa sebanyak 25 tenaga medis, mulai dari dokter hingga perawat, ikut terinfeksi virus corona. Bahkan, tidak sedikit juga petugas medis yang justru kelelahan dan akhirnya ikut terinfeksi akibat mengurus pasien yang terinfeksi virus corona. Dengan adanya kampanye seperti ini, masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah demi menekan jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia. Kurangnya jumlah tenaga medis juga menjadi perhatian dari pesan tersebut. Nasib petugas medis yang tak langsung bertemu dengan pasien COVID-19 pun kini semakin mengkhawatirkan.