Buka Pariwisata Untuk Wisman? Indonesia Bisa Belajar Dari Turki

Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili menyatakan, jutaan mata pencaharian orang bergantung pada pariwisata. Kemerdekaan bukan berarti bebas semaunya; menafikan protokol kesehatan atau kenormalan baru menyesuaikan dengan risiko pandemi. Di titik tertentu himbauan soal kepatuhan protokol kesehatan covid-19 bisa dilihat dengan saksama. Sementara di pusat berkumpul seperti lodge atau pun pub, disediakan hand sanitizer hingga masker.

Perjalanan antar negara bagian diizinkan, dan penerbangan domestik dari Bandara Internasional Kuala Lumpur dan Bandara Sultan Abdul Aziz Shah beroperasi tetapi dengan kapasitas terbatas. Meskipun pihak berwenang telah mengumumkan bahwa Hong Kong akan membuka perbatasannya untuk wisatawan internasional “pada suatu saat di tahun 2021” , tanggal pastinya belum diumumkan. Gelembung perjalanan baru diharapkan, dan pemerintah saat ini sedang berbicara dengan berbagai negara, termasuk Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Korea Selatan, untuk pengaturan ‘jalur hijau’ di masa depan. Wisatawan yang memasuki Daratan China harus menjalani tes COVID-19 wajib pada saat kedatangan dan karantina 14 hari dengan biaya sendiri.

Setipa turis wajib menunjukan bukti polis asuransi yang mencakup biaya perawatan untuk Covid-19 sebesar Rp 1,4 miliar dan hasil negatif tes PCR yang diambil dalam waktu seventy two jam setelah keberangkatan. Meskipun telah memberlakukan jam malam, pemerintah Turki memberikan kebebasan bagi wisatawan asing yang melakukan perjalanan singkat ke negaranya. Wisatawan asing diperbolehkan melakukan aktivitas pada malam hari dengan catatan memiliki dan membawa paspor. “Turki sempat ditutup selama four bulan di awal pandemi Covid-19 dan dibuka kembali untuk wisatawan luar. Bulan Juni 2020, secara pelan-pelan destinasi wisata kembali dibuka.

Turki sudah membuka untuk turis

Perusahaan penerbangan Leisure Corendon berharap untuk meluncurkan paket musim panas pada akhir Juni, di mana wisatawan Belanda akan dites untuk virus sebelum terbang dan akan tetap terbatas pada lahan hotel. “Ini periode bagus buat turis Depo E-money asing karena warga Turki tidak bisa keluar rumah,” kata pemandu wisata Kadir, 34 tahun, saat tengah menemani tamu di Istana Topkapi dan dikutip Reuters. Turki tetap membuka liburan bagi orang asing selama 2,5 pekan lockdown yang dimulai akhir pekan ini.

Hagia Sophia, sebuah museum yang dialih fungsi sebagai masjid, menjadi lokasi wisata yang sangat diminati wisatawan Muslim, termasuk dari Indonesia. Kenan menyebut saat ini belum a hundred persen bangunan ini siap digunakan untuk tempat shalat. Sesampainya di Inggris, kamu harus langsung menuju tempat kamu karantina dan tinggal di sana selama 10 hari. Setiap hari mendistribusikan sekitar 1.000 paket makanan bagi warga terdampak. Kebijakan ini diambil dan menjadi bagian utama dari kunjungan baru-baru, yang dilakukan antara Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.