Menu Close

Berita Dan Informasi Bekerja Dari Rumah Terkini Dan Terbaru Hari Ini

Sejauh ini urusan pekerjaan berjalan dengan lancar dan relatif tidak ada kendala. Penolong Pendaftar Kanan Jabatan Hal Ehwal Pelajar , Nurazlin Masir berkata bekerja dari rumah adalah sesuatu perkara yang baharu baginya dan agak kekok untuknya membiasakan diri. Pisces memang mudah beradaptasi untuk bekerja dari rumah, tetapi seringkali adaptasinya terlalu baik sehingga ia lebih fokus bersantai daripada bekerja.

Kemudian ada Google Apps alias G Suite yang berisikan sekumpulan aplikasi penunjang pekerjaan milik Google guna membantu produktivitas kamu selama bekerja dari rumah. Jutaan orang mungkin segera diminta untuk bekerja dari rumah atau remote, selama wabah coronavirus (Covid-19) yang menyebar hampir di semua negara. Untuk itu, kami ingin membagikan sejumlah ideas dari orang-orang yang sudah cukup lama bekerja dari rumah.

Bekerja santai dari rumah

Pecahnya pandemi di seluruh dunia mengubah cara banyak orang bekerja. Untuk melindungi para pekerja dan mengurangi potensi penyebaran virus, banyak perusahaan yang meminta para karyawannya bekerja dari rumah. Harapannya, meski tidak datang ke kantor, pekerja tetap bisa menyelesaikan tugas-tugasnya karena saat ini banyak sekali pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan solusi komputasi awan . Setelah Anda larut dalam pekerjaan, pastikan Anda juga beristirahat. Pada hari biasa di kantor, Anda akan pergi ke ruang istirahat untuk minum kopi, berbincang dengan rekan kerja di meja mereka, dan pengalih perhatian kecil lainnya. Meskipun Anda kemungkinan juga akan pergi ke dapur untuk mengambil kopi atau camilan, Anda akan mudah terjebak pada pola bekerja terus-menerus tanpa henti ketika bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah mengharuskan Anda mampu mengatur diri dan tetap pada jalurnya. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menciptakan ruang di rumah Anda yang tidak Anda gunakan selain untuk bekerja. Posisi entri knowledge biasanya mengharuskan pelamarnya memiliki pengalaman kerja dengan perangkat lunak pemroses kata, pangkalan information, atau presentasi seperti PowerPoint.

Tempat-tempat yang dapat bekerja dengan baik adalah meja dapur , meja ruang makan atau meja lorong. Karena tubuh dan pikiran Anda mengasosiasikan ruangan itu dengan tidur. Singkatnya, jangan mencoba untuk tidur dan bekerja di ruang yang sama apabila ingin tetap produktif meskipun bekerja dari rumah.

Hal yang harus diperhatikan untuk tipe zona waktu berbeda adalah perbedaan waktu kerja yang berpotensi menimbulkan konflik kerja. Konsep kelima, distributed group with nomads yaitu tempat kerja berbasis digital selalu berpindah-pindah tersebar di berbagai negara tergantung pada domisili anggota tim. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer saat ini. Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa membantu Anda bekerja dari rumah di antaranya kirim foto hingga dokumen, WhatsApp Web, dan video name grup.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama dua tahun dengan menggunakan sampel dari dua kelompok yang dibentuk secara acak menemukan bahwa terdapat kenaikan produktivitas sebesar 13%. Penelitian ini juga menemukan bahwa kecenderungan karyawan untuk pindah kerja pada karyawan yang bekerja di rumah menurun sekitar 50% dan mereka mengambil lebih sedikit cuti. Selain itu, perusahaan menghemat sekitar US$2.000 untuk biaya sewa kantor per karyawan.

Penyebab terakhir adalah kurangnya kemampuan perusahaan untuk melihat potensi ancaman siber, terutama jika masalah yang dihadapi sudah semakin kompleks. Menurut laporan Cisco, fifty two persen perusahaan di Indonesia memberlakukan WFH selama pandemi. Namun menurut Cisco, sistem WFH ini ternyata tak luput dari ancaman serangan siber. “Rumah kami tidak besar – suami dan saya bekerja di ruangan yang sama, kami sama-sama merasa terganggu,” kata dia. Milliken dari Prophet menekankan bahwa lebih banyak fleksibilitas juga berpotensi memiliki kekurangan. “Mereka juga kesulitan menjaga kesehatan mental. Karena bekerja dan berkendara menghabiskan seluruh waktu, orang banyak merasa tertekan secara mental dan fisik,” jelas Qun Li.

Satu hal lagi ketika Anda bekerja di rumah maka Anda akan lebih leluasa untuk mengatur waktu Anda, karena Anda tidak diatur oleh siapapun dan oleh sistem atau budaya apapun. Maka dari sini Anda pun bisa mengatur kapan jam masuk kerja Anda, jam istirahat hingga jam selesai bekerja. Dalam situasi seperti ini, tiap anggota tim tentu memiliki banyak hal untuk dihadapi. Saat bekerja dari rumah, akan cukup sulit untuk bisa benar-benar menerapkan jam kerja seperti biasa. Untuk itu, ketua tim perlu memberikan kepercayaan, kebebasan dan fleksibilitas kepada tiap anggota tim untuk menyenlesaikan pekerjaannya. Cara seperti ini justru dapat mendorong anggota tim untuk bisa bekerja lebih produktif.