Pengaruh Berpikir Positif Terhadap Imunitas Tubuh Selama Masa Pandemi

“Pikiran positif ini memancing keluarnya hormon yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya hormon dopamin dan serotonin,” katanya. Tak satupun dapat memberi kepastian kapan pandemi mereda, kapan vaksin untuk penyakit bisa tersedia, dan kapan masyarakat bisa kembali menjalani kegiatan sehari-hari seperti sedia kala. Kebijakan belajar di rumah juga dapat menimbulkan stres bagi para siswa. Pada hari-hari biasa, para siswa mendapat bimbingan dan penjelasan dari guru di sekolah, sementara sekarang mereka harus belajar secara mandiri di rumah. Siswa yang beruntung dapat memanfaatkan fasilitas aplikasi pembelajaran secara on-line, tetapi bagi siswa yang kurang beruntung, mereka hanya dapat mengandalkan buku pelajaran maupun bimbingan orangtua. Batasi waktu Anda untuk menonton, membaca, atau mendengar berita mengenai pandemi, baik dari televisi, media cetak, maupun media sosial untuk mengurangi rasa cemas.

Banyak dari kita yang mengalami stres karena pandemi coronavirus baru. Tetapi keduanya diperlukan agar sistem kekebalan tubuh berjalan dengan baik dan juga penting untuk kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan Anda. Dirinya menambahkan, pikiran positif sebenarnya tidak bergantung dengan keadaan yang dialami. Berbagai riset menunjukkan adanya pikiran positif memengaruhi kesehatan tubuh. Para pasien berasal dari tiga Rumah Sakit London-Charing Cross, Hammersmith, dan St. Mary’s.

Berita covid dapat memicu stress

Jika memungkinkan, semprotkan cairan disinfektan pada benda-benda di rumah yang permukannya paling sering disentuh. Gunakan sabun dan air mengalir, sambil menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun untuk memastikan cuci tangan dilakukan selama 20 detik. Jika menerima informasi dari media yang belum dikenal sebelumnya, Anda bisa memeriksa apakah perusahaannya sudah terdaftar di laman dewanpers.or.id/data/perusahaanpers. Tembak Ikan Terpercaya Media yang terikat dengan Dewan Pers lebih kecil kemungkinannya menyajikan berita bohong. Melansir dari psychologytoday.com, di tengah arus informasi tentang Covid-19 yang terus berkembang, penting untuk terus memperbaharui sumber berita terpercaya dan akurat. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot melakukan pengecekan fakta atau membaca banyak berita.

Saat dehidrasi, tubuh lebih cepat lelah, daya tahan melemah, dan paparan virus bisa mudah menginfeksi. Kekurangan jam tidur menyebabkan letih dan lesu sehingga daya tahan melemah. Namun tidur yang berlebihan juga menyebabkan badan kurang gerak dan mengurangi daya tahan tubuh. Anda bisa melakukan meditasi, makan makanan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup dan berkualitas.

Pandemi coronavirus illness 2019 atau Covid-19 kini semakin merajalela dan membawa dampak ke berbagai lini kehidupan. Bukan hanya berdampak buruk pada kesehatan fisik saja, Covid-19 merupakan salah satu stressor psikososial yang dapat memengaruhi kesehatan psychological. Bagaimana tidak, selain pembatasan sosial yang tak berujung, masyarakat juga dibuat resah dengan berita televisi maupun media lainnya yang tiap harinya menampilkan pertambahan jumlah kasus Covid-19 yang kian melonjak hingga saat ini. Selama masa PPKM Darurat, sebagian besar masyarakat dituntut beraktivitas di rumah, termasuk anak remaja. [newline]Sontak, kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan psychological remaja, seperti stres, cemas, dan depresi. Konsumsi vitamin dan suplemen bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Meski sedang dalam kondisi dan situasi pandemi, warga Dusun, Desa Krinjing Kecamatan Kajoran tetap melakukan upacara. Tak hanya itu, ribuan orang juga telah menghabiskan waktu di masa pandemi dengan menyanyi, menulis ulang lagu-lagu dengan teks baru, dan membuat video yang melibatkan seluruh keluarga. Institut Max Planck untuk Estetika Empiris di Jerman kini menerbitkan hasil penelitian yang diberi judul “Nada-nada Viral” yang meneliti perilaku mendengarkan musik selama pandemi Virus Corona COVID-19. Di masa-masaself quarantineini jangan lupa untuk memanjakan diri sendiri lewat berbagaime time.