Ngeri, Ternyata Begini Perubahan Bali Selama Forty Tahun Ini, Drastis!

Selain mempromosikan pariwisata Bali, para peserta Touring We Love Bali 2020 juga tidak lupa untuk melakukan kegiatan sosial. Perempuan Indonesia Maju bersama Pertiwi Indonesia dan Prakarsa Nusantara menginisiasi sebuah kampanye pariwisata bernama BALI I MISS U, dalam rangka membantu upaya pemerintah untuk membangkitkan kembali pariwisata Bali. Menparekraf Sandiaga Uno memastikan akan menyiapkan secara fokus, terarah dan terukur langkah-langkah pembukaan pariwisata, seperti di Bali dengan meningkatkan vaksinasi. “Desember ada libur panjang lagi, itu akan jadi momentum untuk menggenjot pasar pariwisata domestik,” ujar Astawa. Jenis bantuan yang diberikan kepada setiap KK awalnya berupa beras 25 kilogram, minyak goreng dua liter, telur serta satu dus mie instan. Namun, karena ada masukan dari warga akhirnya jenis bantuan diubah.

Dengan mewajibkan mereka membawa hasil tes PCR dua hari sebelum keberangkatan. Langkah ini diambil untuk menghindari meluasnya penyebaran virus Covid-19. Namun terlihat dari lesunya aktivitas di Bali dan juga tidak begitu banyak wisatawan datang ke Bali memastikan bahwa ekonomi disana tidak berjalan dengan baik. Diperkirakan hal tersebut imbas dari menurunnya angka wisatawan yang berkunjung.

Australia memperpanjang pembatasan perjalanan selama tiga bulan lagi. Perbatasan tetap ditutup untuk wisatawan dari luar negeri sampai tanggal 17 Desember. Namun, pemerintah mengumumkan bahwa perjalanan domestik akan diperbolehkan segera untuk penduduk Australia. Hanya di negara bagian Victoria dengan metropolis Melbourne ada pengecualian berdasarkan lockdown sejak awal Juli. Taufan mendorong pemerintah untuk memberikan insentif yang merata kepada para pelaku usaha. Di samping itu, saling bahu-membahu antar pelaku usaha pariwisata jadi hal yang wajib dilakukan.

Adanya perubahan perilaku akibat pandemi dimana kecenderungan melakukan banyak aktivitas dari rumah termasuk aktivitas konsumtif, diantisipasi BPR Lestari Bali dengan meluncurkan inovasi kedua, Order From Home. Tambahan fitur baru di Aplikasi LestariDiskon, ini memungkinkan para pelaku UMKM melayani pesanan konsumen tanpa perlu ke gerai merchant. Pengguna aplikasi bisa memesan produk UMKM mitra dari rumah dan pesanan pun diantar ke rumah. Pesanan akan diantar oleh armada pengantaran yang dimiliki oleh service provider atau melalui ojek on-line, immediate supply dengan area dalam kota. Destinasi wisata di Bali sudah resmi dibuka kembali untuk wisatawan nusantara mulai kemarin (31/7).

Terkait dengan warga Kuta yang berjualan di pinggir jalan serta menjadi pedagang acung keliling, Wasista mengatakan pihak desa adat sebenarnya melarang. “Karena pandemi dan warga tidak ada pemasukan, akhirnya diperbolehkan,” ujarnya. Liputan6.com, Denpasar – Kekayaan alam, budaya, dan wisataPulau Dewata telah termasyur ke kancah dunia. Hingga pandemi Covid-19 melanda, pesona Bali masih tetap sama, namun tidak dengan wajah pariwisatanya yang harus bertahan dan berupaya bangkit di masa krisis. Akademisi Universitas Udayana yakin jika Provinsi Bali segera bisa buka bisnis pariwisatanya, jika vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 70 persen. Keputusan pemerintah untuk menunda pembukaan kembali pariwisata di Bali pada Juli 2021 mendatang, membuat sejumlah pelaku wisata ikut terkena imbasnya.

Bali kembali sepi

Pemerintah Jerman memperluas peringatan perjalanan untuk sekitar 160 negara di luar Uni Eropa sampai tanggal 14 September. Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Jerman keputusan dari hari Rabu tgl 26 Agustus berdasarkan kenaikan laju infeksi Corona. “Situasi tidak akan mereda sampai tengah September sehingga peringatan perjalanan di seluruh dunia belum bisa dicabut”.

Ditambahkannya juga menjala harus dari subuh hingga malam juga bisa dan kalau sedang beruntung dapat ikan mujair bisa 10 kilogram lebih dijual 25 atau 30 ribu per kilogram setelah dibersihkan istrinya di rumah. “Ya istri nawarinpakai WhatsApp, tergantung pesanan. Hari ini ada pesanan 15 kilo. Kadang mancing juga pagi siang, hitung-hitung berjemur mencegah virus corona,” gurau Boy mencoba bersahabat dengan kondisi hidup. Erick EST salah seorang pelaku seni mengaku turut prihatin terhadap kondisi di Jalan Popies Kuta yang sebelum pandemi menjadi tempat populer di kalangan turis asing. Ketika itu, Jalan Popies kerap macet dan dilalui oleh para wisatawan dari berbagai negara.

Kapal Dagang Belanda yang berlayar dengan rute Surabaya singgah ke pelabuhan Buleleng, Bali, dengan membawa rombongan turis dari Eropa. Karena permintaan untuk berlayar ke Bali meningkat, maka jalur pelayaran diubah menjadi Bali Express. Mereka juga membangun perwakilan resmi untuk pariwisata pertama di Bali bernama Official Tourist Kong4D Buerau pada 1924. Di kiri gerbang masuk Medal Agung, berdiri Bale Kertha Gosa yang dulunya menjadi bale pengadilan, tempat raja berdiskusi dengan para patihnya untuk memutuskan sanksi atas kesalahan yang dilakukan masyarakatnya. Tempat ini juga menjadi ruangan berdiskusi mengenai segala hal, termasuk kondisi keamanan.