Jakarta Hari Ini

”Kalau digas atau direm mendadak itu tentu harus kita jaga confidence publik. Karena ekonomi tidak hanya elementary, tapi juga sentimen, terutama untuk sektor capital market,” ujarnya secara virtual kemarin. “Karena dengan banyaknya kasus, semakin banyak klaster rumah tangga ini, memang responsnya Daftar Slot Online Terpercaya 2021 harus melakukan penjangkauan ke rumah-rumah. Dan harus memastikan mereka menjalani karantina mandiri yang efektif,” tegasnya. Namun, aturan lockdown tidak semudah itu karena harus mendapat persetujuan pemerintah pusat. Riza pun menjelaskan opsi lockdown yang diajukan DPR RI mengacu pada kebijakan yang diterapkan Turki.

Tidak hanya ke pasar, ke mal, tetapi juga ke tempat-tempat rekreasi termasuk berkunjung ke sanak saudara, termasuk juga ke luar kota. Ini semua dapat menimbulkan interaksi yang pada akhirnya terjadi kerumunan yang dapat berdampak pada penyebaran Covid-19,” kata Ariza. “Melakukan prosedur micro lockdown di tingkat RT dalam hal ditemukan konfirmasi positif di atas 5 rumah/terdapat zona merah,” tulis Ingub No 33 Tahun 2021. Ia pun memprediksi klaster rumah tangga di Indonesia saat ini mencapai 80 persen.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan mengkaji opsi lockdown tersebut. Anies menjelaskan bahwa saat ini pihaknya masih terus menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar sesuai arahan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dari pemerintah pusat. Kata Miko, dua varian baru itu memiliki daya tular 10 kali lebih cepat dari varian asli corona, sehingga PPKM dinilai bukan perisai untuk melindungi masyarakat Jakarta. Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo mengatakan, kesadaran masyarakat dunia terhadap konsumsi produk halal terus meningkat. Ini tidak terlepas dari jumlah penduduk beragama Islam saat ini mencapai 25 persen dari 1,eight miliar orang di dunia. Untuk warga yang positif Covid-19 itu, kata Azis, saat ini lima orang sedang menunggu hasil tes usap PCR terakhir.

Presiden Joko Widodo menyebutkan PPKM yang sudah berjalan sejak 11 Januari 2021 lalu belum efektif mengendalikan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Sebelum merampungkan regulasi PSBB, Pemprov DKI berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah penyangga Jakarta. Koordinasi tersebut meliputi, antara lain, pembatasan keluar masuk Jakarta, kapasitas angkutan umum, bioskop, mal, dan tempat hiburan lain.

Artikel Koran itu menyatakan, Pemerintah DKI Jakarta mempersiapkan sejumlah langkah untuk melakukan lockdown, rencana ini nantinya akan diusulkan ke Gugus Tugas Covid-19. Cuplikan itu mengungkap, alternatif lockdown baru rencana dan akan diusulkan ke Gugus Tugas Covid-19. Dalam halaman muka Korban Tempo juga menyebut, DKI Jakarta menunggu persetujuan pemerintah pusat. Ketiga, opsi tetap menerapkan PPKM dengan pengetatan PSBB seperti saat ini. Opsi ketiga ini sedikit berbeda dengan opsi kedua, karena pemberlakuan PPKM tetap membuka ruang masyarakat melakukan aktivitas di luar rumah dengan kapasitas 25 persen dan jam operasional yang terbatas. Misalnya, akativitas di kantor atau mal diizinkan namun kapasitasnya hanya 25 persen dan jam operasionalnya hingga pukul 20.00 WIB.

Lockdown Jakarta

“Namun, warga setempat masih memberlakukan prokes ketat agar kampung ini bebas Covid-19,” ujar Azis. Polri bersama Pemerintah Kota Jakarta Selatan, TNI, dan warga sekitar pun melakukan sejumlah upaya untuk menghentikan penularan di RT tersebut. “Pertama melakukan lokalisir, di mana akses ke kampung ini ditutup dengan kampung lain,” kata Azis saat mendatangi RT tersebut bersama Wakapolda Metro Jaya, Ahad (20/6). Pimpinan DPR RI menilai, pemerintah perlu mendalami usulan lockdown regional yang disuarakan pakar. Menurut Dasco, setiap kebijakan dalam rangka penanganan Covid-19 perlu mengutamakan masyarakat. Dia pun berpendapat akan banyak pengorbanan yang dilakukan ketika lockdown diterapkan.

Sebanyak 84 persen tempat tidur isolasi, dari whole kapasitas 8.524, dan 74 persen tempat tidur ICU, dari kapasitas 1.186, sudah terisi. Ia menyebut, kini Pemprov Jakarta terus membuka ruang komunikasi dengan pemerintah pusat dan Forkompinda untuk mengambil kebijakan yang paling tepat. Faktanya untuk zona rawan di DKI Jakarta, setidaknya ada eighty two RW yang masuk zona merah. Bentuk lain dari mini lockdown yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta adalah wilayah pengendalian ketat atau WPK yang sudah dilaksanakan sejak pelaksanaan PSBB transisi, Juni 2020.

Namun hingga kini, Gubernur DKI Anies Baswedan belum berencana menarik rem darurat atau melakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar secara ketat. VIVA– Pesan berantai soal kebijakan pemerintah yang bakal Lockdwon di Jakarta beredar luas di grup WhatsApp. Dalam pesan berantai tersebut, alasan pemerintah lockdown demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Jakarta, Beritasatu.com – Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di daerah Jawa-Bali termasuk Provinsi DKI Jakarta akan berakhir pada eight Februari 2021 mendatang.