Four Cara Mengatasi Stres Di Tengah Pandemi Virus Corona

Salah satu cara untuk menghilangkan gangguan kecemasan adalah melakukan hal yang disukai, contohnya dengan menonton movie, bernyanyi dan pergi ke pantai. Walaupun tak selamanya dapat memaksakan diri untuk melakukan hal yang disukai, namun selalu berusaha mendorong diri aktif berkegiatan menjadi hal positif yang dapat dilakukan. Mengutip Medical News Today, di Amerika Serikat, lebih dari 18 persen orang dewasa mengalami gangguan kecemasan setiap tahun. Ilustrasi stress – Berikut ini cara alami untuk mengatasi kecemasan dan stres berlebihan.

Terlalu banyak berpikir bukanlah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Terlebih jika apa yang Anda pikirkan adalah mengenai hal-hal yang cenderung negatif. Sebab hal ini dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan Anda, seperti menimbulkan masalah dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Selain itu, stres juga bisa dipicu oleh penyakit yang diderita.

Perasaan takut jika tertular dan mengalami perburukan hidup, harus menghadapi kematian seorang diri dan masih banyak pikiran kecemasan yang muncul sehingga bisa saja menimbulkan gangguan. Belum lagi anak-anak yang harus menjalani pendidikan di rumah, ruang bermain dan bersosialisasi dengan teman menjadi terbatas. Yang memiliki anggota keluarga lanjut usia khawatir bagaimana menjaganya karena lansia termasuk kelompok yang rentan. Ketakutan serta kekawatiran inilah yang bisa menimbulkan stres. Faktor lain yang juga mampu menimbulkan stres adalah faktor finansial yang timbul dari dampak perekonomian yang melemah dan banyaknya pemutusan hubungan kerja .

Cara untuk tidak stress berlebih

Hal itu menyebabkan banyak orang, termasuk Anda, merasa kesulitan untuk bertemu dengan orang lain. Bernapas dengan cara yang tepat dapat membantu merilekskan tubuh. Bernapas dengan pelan dan dalam merupakan cara yang sederhana untuk menghadapi stres sehari-hari. Jika anda sedang dilanda stres, sempatkanlah waktu untuk rileks dan bernapas dengan cara tersebut agar pikiran menjadi tenang dan kembali fokus.

Mengambil napas dalam-dalam telah terbukti menurunkan kadar kortisol, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Untuk memulainya, cobalah duduk dengan tenang, cari tempat yang sepi dan nyaman. Selain tersenyum, tertawa juga bisa menjadi cara unik dan sederhana untuk menghilangkan stres. Tertawa tidak hanya menunjukkan bahwa Anda sedang menikmati momen, tapi juga mengubah sistem dalam tubuh yang dapat mengurangi stres dalam jangka panjang. Ditemani hewan peliharaan, ternyata dapat meringankan rasa kesepian yang Anda rasakan. Contohnya anjing, hewan ini adalah stimulus hebat untuk membantu Anda memulai olahraga sehat, yang ternyata dapat meningkatkan temper, menekan depresi, serta menurunkan tekanan darah.

Tapi cara ini juga bisa dilakukan sendiri kok, yakni dengan membayangkan sebuah situasi menyenangkan dan menenangkan sambil menyetel musik sebagai latar belakang. Dilansir dari Mott Children’s Hospital, dengan membayangkan diri kita di sebuah situasi bisa membuat kondisi lebih tenang dan rileks. Teh peppermint secara alami bebas kafein sehingga ibu hamil dapat menyesapnya sepanjang hari di tempat kerja atau saat bersantai di rumah. Peppermint juga membantu mengeluarkan gasoline dari perut dan mengatasi masalah perut seperti mual dan muntah. Apalagi ibu hamil kerap merasakan mual dan muntah di beberapa waktu.

Akibatnya, pekerja mulai mengalami banyak gejala stres secara fisik maupun mental. Dalam hal ini, stres bukan hanya merugikan para pekerja, tapi juga mengganggu kinerja seluruh organisasi. Jika Anda terlalu banyak berpikir, Anda lebih mungkin untuk mengalami masalah tidur. Hal ini disebabkan oleh berbagai pikiran yang membuat Anda merasa tidak tenang, dan berakhir menjadi sulit untuk tidur. Dengan demikian, terlalu banyak berpikir merusak kualitas tidur Anda. Overthinking, tentu sangat tidak nyaman dan dapat menimbulkan stres serta kecemasan.

Sifat antiinflamasi, antioksidan, dan stimulan sehat yang dimiliki daun mint bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Daun mint juga berguna untuk menyeimbangkan hormon, menurunkan stres, dan mengurangi kecemasan. Menggerakkan tubuh sambil bernyanyi dengan mengikuti irama adalah cara unik dan sederhana untuk menghilangkan stres.

Stres disebabkan oleh tekanan tidak menyenangkan berasal dari luar atau lingkungan, dan juga ekspektasi diri yang terlalu tinggi juga bisa membuat stres yang berasal dari dalam diri. Koping merupakan respon manusia dalam menghadapi Judi Online stres dan usaha untuk mengurangi stres. Sekarang kita masuk ke pertanyaan utama yang ditunggu-tunggu, gimana cara mengatasi stres? Entah itu depresi, gangguan psikologi lain, hingga kasus bunuh diri; semuanya berawal dari stres.