Benarkah Kita Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Untuk Cegah Infeksi Covid

Saat ini, tidak ada pengobatan antivirus khusus terhadap COVID-19. Pasien umumnya menerima perawatan suportif untuk menghilangkan gejala. Hindari pengobatan antimikroba yang tidak bertanggung jawab atau tidak pantas, terutama dikombinasi dengan antimikroba spektrum luas. Gejala umum termasuk batuk, batuk berdahak, atau eksaserbasi dari gejala pernapasan asli, dengan dahak purulen atau berdarah, dengan atau tanpa nyeri dada.

Riset membuktikan bahwa olahraga teratur dapat membantu Penyembuhan covid

WHO merekomendasikan bahwa ibu hamil dengan gejala COVID-19 harus diprioritaskan untuk menjalani pemeriksaan. Jika mereka terjangkit COVID-19, mereka mungkin membutuhkan perawatan khusus. Apabila ibu hamil merasa demam, batuk, atau kesulitan bernapas maka segera mencari pertolongan medis dengan menghubungi via telepon sebelum pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan. Ibu hamil dan ibu yang baru melahirkan – termasuk mereka yang terjangkit COVID-19 – harus menjalani perawatan kesehatan rutin seperti biasanya. Tidak ada batasan usia orang-orang dapat terinfeksi oleh coronavirus ini (COVID-19). Saya berharap anak-anak ini tetap tinggal di rumah, jadi orang tua juga bisa memberikan pengawasan.

Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lama berpuasa. Faktanya, tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Maka dari itu, penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Zubairi mengakui pemberian tambahan vitamin D sebsar mikrogram tiap hari bisa memproteksi pasien terhadap infeksi akut saluran napas. Tim peneliti Universitas Northwestern pernah menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan infeksi virus korona.

Aktifitas fisik yang terartur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahun tubuh. Berjalan kaki selama 30 menit bisa mengurangi stres dan emosional. Aktifitas fisik yang dilkaukan bisa merangsang bahan kimia otak yang dapat membuat lebih bahagia dan lebih santai. Vitamin C, E, dan selenium membantu mengendalikan peradangan dengan menghilangkan dampak stres oksidatif, karena radikal bebas yang menembus dinding sel dan menyebabkan kebocoran. Ia mengatakan, yang diperlukan yaitu makan berbagai makanan yang mengandung vitamin A, B, C, D dan E dan mineral besi, seng dan selenium.

Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Selain itu juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormone serotonin dan norepinefrin, yang menghilangkan perasaan depresi. Hal ini dapat meningkatkan keempat hormon kebahagiaan, kenikmatan yang didapat dari makan sesuatu yang enak dapat memicu pelepasan dopamin bersama endorfin. Selain itu berbagi makanan dengan orang terdekat juga dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin.

Pemerintah menyatakan seorang pasien negatif COVID-19 apabila dinyatakan negatif setelah melalui 2 kali tahapan pemeriksaan. Jika belum maka sesuai prosedur kesehatan akan terus dirawat dalam area isolasi. Jika Anda berada di wilayah terjangkit COVID-19, Anda harus serius menghadapi risiko tersebut. Selalu jaga kesehatan dan perhatikan informasi dan saran dari pihak kesehatan yang berwenang. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan Anda. Vaksin untuk mencegah infeksi COVID-19 sedang dalam tahap pengembangan/uji coba.

Melepas masker dengan hanya menyentuh talinya untuk segera dicuci. Jangan meludah di tempat umum; meludahlah ke tisu lalu buang ke tempat sampah tertutup jika memungkinkan. Bungkus rapat tisu bekas pakai dalam kantung plastik sebelum dibuang ke tempat sampah tertutup berlabel “limbah sisa” atau “limbah medis” untuk mencegah Situs Bola Online penyebaran virus. Cuci tangan sesering mungkin untuk menjaga kebersihan pribadi; hindari segala jenis pertemuan sosial selama wabah berlangsung. Untuk melindungi diri, Anda harus sering membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih berbasis alkohol (minimal 60%).

Ingat bahwa Anda tidak disarankan menggunakan masker kecuali memiliki gejala seperti demam, rasa lelah dan batuk kering. Orang lansia paling rentan terhadap infeksi virus corona, khususnya mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau memiliki masalah pernapasan. Anda dapat melindungi mereka dengan memotivasi mereka untuk sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Bila Anda demam, batuk atau sesak napas, jangan kunjungi lansia atau orang-orang yang fisiknya lemah.

Cobalah untuk memilih makanan yang lebih mudah dicerna yang tidak akan mengganggu sistem pencernaan Anda seperti nasi, kentang, sayuran kukus dan protein tanpa lemak. Makanan berserat tinggi dan makanan yang tinggi lemak, garam dan gula harus dihindari karena lebih sulit dicerna. Hormon melatonin juga berperan dalam siklus tidur Anda dengan membantu tubuh Anda mengetahui kapan waktunya untuk tidur dan bangun. Suplemen melatonin pada umumnya dapat membantu memberikan bantuan bagi mereka yang mengalami insomnia, penat setelah penerbangan atau bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang memiliki siklus tidur yang mengganggu. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki keraguan atau kondisi kesehatan lainnya sebelum memulai rencana suplemen. Cuci tangan setelah melakukan kontak langsung dengan pasien, atau setelah memasuki atau keluar dari ruang isolasi pasien.

Berimbang dapat diartikan sebagai keseimbangan makanan yang kita konsumsi. Artinya, jangan sampai kita hanya makan nasi banyak dengan lauk sedikit. Tentu saja, ketika ingin meningkatkan daya tahan tubuh, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sumber protein, vitamin dan mineral lebih dari biasanya.